Kemenkes Siapkan "Nusantara Sehat" Untuk Wilayah Perbatasan

id Nila, Moeloek

Putussibau (antarasulteng.com) - Kementerian Kesehatan akan membuat model pelayanan kesehatan primer yang berbeda dari lainnya untuk daerah perbatasan seperti di Provinsi Kalimantan Barat.

"Dengan nama Nusantara Sehat. Jadi kami harus mengetahui kondisi di daerah. Kita harus melihat kondisi pelayanan kesehatan langsung di lapangan. Nusantara Sehat yang akan diletakkan di daerah perbatasan," kata Menteri Kesehatan Nila F Moeloek saat berkunjung ke Putussibau, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Selasa.

Ia melanjutkan, Kemenkes juga akan mengisi kekosongan di beberapa puskesmas di daerah perbatasan. Salah satunya di Kecamatan Puring Kencana, Kabupaten Kapuas Hulu.

"Saya dengar Puring Kencana memang belum ada (dokter) yang mengisi Puskesmas, nanti kita akan isi," kata dia.

Ia menegaskan komitmen Kemenkes RI membangun pelayanan kesehatan di daerah dengan memperkuat pelayan primer.

"Kami memahami, akses memang jadi permasalahan dalam memberi pelayanan kesehatan. Maka program kami ke depan akan memperkuat pelayanan kesehatan primer," kata Nila F Moeloek.

Pernyataan Menkes tersebut sesuai dengan kondisi geografis daerah di Kabupaten Kapuas Hulu, mengingat luas dan akses menuju beberapa daerah masih sulit.

"Dengan berkualitasnya pelayanan kesehatan primer ini, bisa menunjang kesehatan masyarakat," kata Nila.

Menteri dan rombongan semula dijadwalkan tiba pada Senin (13/4). Namun karena ada rapat kabinet, kunjungan tersebut tertunda sehari. (skd)
Pewarta :
Editor :
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar