Pemkab Sigi upayakan penuhi kebutuhan air bersih di huntap korban gempa

id pemkab sigi,huntap,hunian tetap penyintas gempa,gempa sigi,huntap pombewe,bupati sigi,mohamad irwan lapatta

Pemkab Sigi upayakan penuhi kebutuhan air bersih  di huntap korban gempa

Bupati Sigi Mohamad Irwan (kanan, kemeja putih) menerima kunjungan pihak Yayasan Budha Tzu Chi, di ruang kerjanya, Rabu. (ANTARA/HO-Humas Setda Pemkab Sigi)

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, akan mengupayakan kebutuhan sarana air bersih warga penyintas gempa dan likuefaksi di kompleks hunian tetap Desa Pombewe.

"Pemerintah Kabupaten Sigi terus berupaya menyelesaikan kendala-kendala yang ada di lapangan, salah satunya yakni menyangkut air bersih di kompleks hunian tetap di Pombewe," kata Bupati Sigi Mohamad Irwan, di Sigi, Rabu, saat menerima kunjungan pihak Yayasan Budha Tzu Chi.

Yayasan Budha Tzu Chi merupakan pihak pengembang atau pembangun hunian tetap sebanyak 500 unit untuk penyintas gempa dan likuefaksi Sigi di Desa Pombewe, Kecamatan Sigi Biromaru.

Kehadiran pihak Budha Tzu Chi dalam masa rehab-rekon pascabencana 28 September 2018 dengan membangun hunian tetap di Sigi, menjadi salah satu upaya untuk percepatan pemulihan masyarakat.

"Sangat bersyukur dan menyampaikan ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya atas bantuan yang diberikan kepada masyarakat terdampak bencana gampa bumi dan likuifaksi oleh Yayasan Budha Tzu Chi Indonesia," kata Irwan.

Bupati juga mengatakan bahwa Pemkab Sigi juga berupaya memenuhi dan melengkapi sarana prasarana penunjang di lokasi huntap demi memenuhi kebutuhan masyarakat.

"Pemerintah Kabupaten Sigi akan terus mengupayakan penyelesaian kendala-kendala yang ada di lapangan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat atas huntap, baik infrastruktur, air bersih, keamanan dan lain-lain yang berkaitan dengan kebutuhan masyarakat," kata dia.

Kepada pihak Budha Tzu Chi, Bupati Irwan berharap agar huntap yang dibangun dan yang telah selesai, agar bisa diserahkan kuncinya kepada warga sehingga bisa segera ditempati.

Bupati juga meminta kepada pihak Budha Tzu Chi agar membantu menyediakan beberapa fasilitas di dalam huntap sebagai penunjang kenyamanan warga.

"Yayasan Budha Tzu Chi dapat membantu beberapa fasilitas penunjang di dalamnya yang nantinya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat penghuni huntap di Desa Pombewe," harapnya.

Dalam pertemuan itu, pihak Budha Tzu Chi menyampaikan keinginan untuk segera menyerahkan kunci kepada masyarakat penerima huntap yang telah selesai dibangun.
dibangun.
Foto bersama Bupati Sigi Mohamad Irwan dengan pihak Yayasan Budha Tzu Chi, di ruang kerjanya, Rabu. (ANTARA/HO-Humas Setda Pemkab Sigi)