Pemkab Sigi berupaya maksimalkan layanan kesehatan di wilayah terpencil

id pemkab sigi,wakil bupati sigi,wabup sigi,samuel y pongi,pelayanan kesehatan,wilayah terpencil sigi

Pemkab Sigi berupaya maksimalkan layanan kesehatan di wilayah terpencil

Wakil Bupati Sigi Samuel Y Pongi meresmikan gedung rawat inap Puskesmas Dombusoi, di Desa Ongulero, Kecamatan Marawola Barat. ANTARA/HO-Humas Setda Pemkab Sigi

Pemaksimalan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di wilayah terpencil, tentu diikuti dengan menyediakan sarana dan infrastruktur pelayanan
Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, berupaya memaksimalkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di wilayah-wilayah terpencil, sebagai bentuk kepedulian pemerintah terhadap peningkatan kesehatan dan kualitas hidup masyarakat.

"Pemaksimalan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di wilayah terpencil, tentu diikuti dengan menyediakan sarana dan infrastruktur pelayanan," ucap Wakil Bupati Sigi Samuel Y Pongi, di Sigi, Jumat.

Pemkab Sigi, kata Samuel Pongi membangun infastruktur kesehatan di wilayah terpencil berupa pembangunan gedung rawat inap Puskesmas Dombusoi, di Desa Ongulero, Kecamatan Marawola Barat.

Pembangunan fasilitas kesehatan, kata dia, sebagai bentuk komitmen pemerintah untuk memberikan pelayanan kesehatan yang baik, kepada masyarakat di wilayah terpencil.

"Pembangunan gedung rawat inap Puskesmas Dombu Soi bertujuan untuk mendekatkan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat yang berada di wilayah terjauh dan terpencil," kata Samuel Pongi.

Selain menyediakan fasilitas, kata dia, Pemkab Sigi juga mendorong ketersediaan tenaga medis di wilayah terpencil, yang memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat.

Baca juga: Pemkab Sigi prioritaskan pembangunan infastruktur di wilayah terpencil
Baca juga: Pemkab Sigi maksimalkan program inovasi masagena tekan kemiskinan


Ia berharap, fasilitas yang ada, dapat menjadi penunjang untuk peningkatan kinerja tenaga medis yang bertugas di wilayah terpencil, agar bisa memberikan pelayanan kesehatan yang maksimal di masyarakat.

"Dengan adanya gedung yang baru, tenaga kesehatan yang berada di wilayah Marawola Barat dapat bekerja maksimal dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat," ungkapnya.

Wakil Bupati juga meminta kepada tenaga medis, agar dalam pelayanan kesehatan di tengah pandemi COVID-19, tetap memperhatikan penerapan protokol kesehatan dan mengimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan disiplin protokol kesehatan cegah COVID-19.

"Juga perlu tetap memperhatikan kesehatan masing-masing," katanya.

Ia menambahkan untuk peningkatan sumber daya manusia pemerintah daerah Kabupaten Sigi menyediakan program beasiswa pendidikan lewat program Sigi Masagena.

"Hal itu agar putera-puteri daerah, salah satunya bisa mengenyam pendidikan di tingkat perguruan tinggi dengan berbagai program studi pendidikan atau kesehatan," katanya.
 
Foto bersama Wakil Bupati Sigi Samuel Y Pongi dan forkompimda saat meninjau gedung rawat inap Puskesmas Dombusoi, di Desa Ongulero, Kecamatan Marawola Barat.  ANTARA/HO-Humas Setda Pemkab Sigi