Tim Seleksi Serahkan Calon Anggota Panwaslu Sulteng

id seleksim, panwaslu

Tim Seleksi Serahkan Calon Anggota Panwaslu Sulteng

Ilustrasi-Panwaslu (antaranews)

Palu,  (antarasulteng.com) - Tim seleksi menyerahkan sejumlah nama calon anggota Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) enam kabupaten kepada Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Tengah di Palu, Senin, setelah proses selesai.

Ketua Tim Seleksi Zona I Rezali Djaelengkara pada saat penyerahan nama calon anggota Panwaslu mengatakan orang yang nantinya terpilih menjadi anggota Panwaslu diharapkan bisa mengawal demokrasi dengan baik dan benar.

Tim seleksi sendiri terbagi menjadi dua zona. Zona I meliputi Kabupaten Donggala, Kabupaten Parigi Moutong dan Kabupaten Buol. Sedangkan zona II terdiri dari Kabupaten Morowali, Kabupaten Banggai dan Kabupaten Banggai Kepulauan.

Seleksi sendiri diawali dari penerimaan berkas, ujian tertulis dan tes wawancara di setiap kabupaten yang diikuti puluhan orang dari beragam latar belakang profesi dan pendidikan.

Tim seleksi mengambil enam calon anggota Panwaslu di setiap kabupaten tersebut untuk selanjutnya diserahkan kepada Bawaslu Sulawesi Tengah untuk menjalani uji kepatutan dan kelayakan. Bawaslu Sulawesi Tengah nantinya akan memilih dan menetapkan tiga orang menjadi anggota Panwaslu di setiap kabupaten. Rezali mengatakan seleksi tersebut membutuhkan proses panjang karena pendaftar memiliki dari latar belakang pendidikan dan pekerjaan beragam.

Sementara Ketua Bawaslu Sulawesi Tengah Ratna Dewi Pettalolo mengaku akan memperhatikan masukan dari tim seleksi untuk menentukan tiga orang yang akan lolos menjadi anggota Panwaslu.

Dia mengatakan Bawaslu akan melakukan uji kepatutan dan kelayakan pada akhkir April 2015 di Kota Palu dan selanjutnya akan dilantik oleh Gubernur Sulawesi Tengah. (skd)