Wakil Rektor IAIN Palu meminta mahasiswa sosialisasikan kampus

id IAIN Palu,kampus II ,wakil rektor,abidin djafar,abdul wahab,mahasiswa iain palu

Wakil Rektor IAIN Palu meminta mahasiswa sosialisasikan kampus

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga IAIN Palu Dr Abidin Djafar, menyampaikan sambutaan pada rapat kerja Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Senat Mahasiswa (Sema) dan Dewan Mahasiswa (Dema), di Kampus II IAIN Palu, di Sigi, Sabtu (20/3/2021). (ANTARA/Muhammad Hajiji)

UKM, Senat Mahasiswa, Dewan Mahasiswa di tingkat institut dan fakultas harus bersinergi dengan program-program institut dalam menyosialisasikan kampus ini kepada masyarakat
Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Sulawesi Tengah, Abidin Djafar meminta mahasiswa perguruan tinggi itu yang bergabung di organisasi intra kampus turut menyosialisasikan kampus tersebut ke masyarakat.

"UKM, Senat Mahasiswa, Dewan Mahasiswa di tingkat institut dan fakultas harus bersinergi dengan program-program institut dalam menyosialisasikan kampus ini kepada masyarakat," ucapnya di Kampus II IAIN Palu di Sigi, Sabtu, saat menyampaikan sambutaan pada rapat kerja Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Senat Mahasiswa (Sema) dan Dewan Mahasiswa (Dema).

Ia menjelaskan bahwa IAIN Palu terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat di 12 kabupaten dan satu kota di Sulawesi Tengah, yang salah satu tujuannya mengenalkan perguruan tinggi Islam negeri tersebut kepada masyarakat.

Selain itu, sebut dia, untuk menarik minat masyarakat menempuh pendidikan tinggi di IAIN Palu.

"Ini dilakukan agar mahasiswa baru kita terus mengalami peningkatan," ungkap dia.

Ia juga mengatakan bahwa rapat kerja mahasiswa yang terdiri atas UKM, Sema, dan Dema, perlu menyinergikan program-program kegiatan mahasiswa yang selaras dengan program-program kegiatan institut.

Oleh karena itu, menurut dia, mahasiswa perlu membaca dan melihat langsung rencana strategis (renstra) institut agar program yang disusun untuk 2022 menjadi selaras.

"Renstra dan Rencana Induk Pengembangan (RIP) IAIN Palu perlu diketahui dan dibaca oleh mahasiswa, agar mahasiswa bisa menyamakan gerakan dan visi dan misi dari setiap kepengurusan dan organisasi," ujarnya.

Lewat rapat kerja itu, Abidin Djafar juga meminta mahasiswa menyusun program penelitian di masyarakat yang bersinergi dengan dosen.

"Salah satu program yang perlu dilakukan oleh mahasiswa adalah riset atau penelitian yang bekerja sama dengan dosen," katanya.

Ia menambahkan mahasiswa menyusun program pada 2020 lebih mengarah pada bentuk pengabdian terhadap masyarakat, utamanya fokus pada pembinaan terhadap desa binaan IAIN Palu, di antaranya Desa Pombewe, Loru, dan Pandere.

Berkaitan dengan hal itu, Kabag Akademik IAIN Palu Abdul Wahab mengemukakan bahwa raker pada 2021 akan mengevaluasi seluruh kegiatan mahasiswa di tingkat UKM, Sema, dan Dema.

"Raker ini akan mengevaluasi program tahun sebelumnya, ada akan menyusun program yang terintegrasi dan bersinergi dengan visi dan misi IAIN Palu," ungkapnya.

IAIN Palu perlahan-lahan mulai menempatkan kegiatan akademik di Kampus II di Desa Pombewe, Kabupaten Sigi. Di lokasi kampus II, IAIN Palu telah membangun tujuh gedung berlantai tiga, namun yang dapat digunakan hanya lima gedung. Hal itu karena dua gedung lainnya terdampak gempa pada 2018.

Selain raker, di kampus II juga sedang berlangsung Diklat UKM Resimen Mahasiswa. IAIN Palu berencana melaksanakan wisuda pada 2021 di kampus II pada 31 Maret mendatang.