Pemkab Sigi genjot pemenuhan sarana bagi desa terpencil

id pemkab sigi,samuel y pongi,wabup sigi,daerah terpencil sigi,wilayah terpencil sigi

Pemkab Sigi  genjot pemenuhan sarana bagi desa terpencil

Wakil Bupati Sigi Samuel Y Pongi (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, mengupayakan pemenuhan sarana prasarana dan infrastruktur di wilayah perdesaan terpencil, untuk percepatan pembangunan yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Di awal kepemimpinan kami (Bupati Mohamad Irwan dan Wakil Bupati Samuel Pongi), kami telah melaksanakan beberapa program khususnya pemenuhan sarana di wilayah dan desa terpencil dan terjauh," sebut Wakil Bupati Sigi Samuel Y Pongi, di Sigi, Sabtu.

Samuel Pongi mengemukakan bahwa penerangan jalan di wilayah dan terpencil dan terjauh merupakan program yang dilaksanaka di awal kepemimpinan ia dan Bupati Mohamad Irwan.

Penerangan jalan menjadi satu kebutuhan masyarakat di wilayah terpencil dan terjauh, hal itu untuk mendukung dan mempercepat realisasi program desa terang.

"Ini juga untuk mendukung kenyamanan, keamanan dan ketertiban serta keselamatan dalam berkendaraan," ujarnya.

Kemudian, pihaknya juga melakukan pengadaan mobil ambulance yang diperuntukkan untuk tiga desa terpencil dan terjauh meliputi Desa Bolibia, Kayumpia dan Rondingo.

Mobil ambulance untuk desa terpencil bertujuan untuk mempermudah masyarakat memperoleh pelayanan kesehatan, baik dalam proses merujuk pasien kerumah sakit terdekat, ataupun membawa jenazah masyarakat.

Masyarakat di wilayah terpencil dan terjauh sangat membutuhkan mobil ambulance untuk pelayanan kesehatan dan sosial, hal itu karena jarak tempuh ke rumah sakit atau ke tempat pelayanan kesehatan sangat jauh.

"Selain itu pemerintah daerah juga akan memfasilitasi pemasangan meteran listrik gratis bagi masyarakat kurang mampu melalui program CSR PT PLN dan program lainnya yang bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat khususnya daerah terjauh," ungkapnya.

Samuel berharap kiranya masyarakat dapat bekerjasama dengan pemerintah untuk dapat menyukseskan program-program yang bertujuan untuk membangun daerah Kabupaten Sigi.