Telan Porto 6-1, Munchen Ke Semifinal Liga Champions

id munchen

Bayern Munchen (afp)

Jakarta (antarasulteng.com) - Robert Lewandowski dan permainan cemerlang Thiago Alcantara yang sempat lama didera cedera membawa Bayern Munchen membalikkan keadaan tertinggal 1-3 pada leg pertama, menjadi unggul agregat 7-4 setelah mencukur Porto 6-1 pada leg kedua di Allianz Arena, Munchen, Rabu dini hari WIB ini.

Bayern yang sudah lima kali juara Eropa dan selalu tampil pada semifinal Liga Champions dalam tiga musim terakhir ini akhirnya maju ke semifinal turnamen ini sambil membawa catatan 17 kali menang dan 9 kali kalah.

Pesta gol Bayern pada leg kedua melawan wakil Portugal ini dibuka oleh gol Alcantara yang juga menjadi satu-satunya pencipta gol Munchen di kandang Porto sepekan sebelumnya.

Juan Bernat dengan mudah melewati hadangan Ricardo Quaresma untuk kemudian melepaskan umpan silang kepada Alcantara yang sudah tak terkawal lagi guna melepaskan tendangan ke gawang Porto untuk menciptakan gol perdana Munchen pada menit 14.

Tujuh menit kemudian, pada menit 21, bek Jerome Boateng menggandakan keunggulan Bayern setelah melompat untuk menyundul bola hasil tendangan penjuru yang disepak rekannya sesama bek Holger Badstuber. Sundulan maut Boateng ini tak bisa dihalau kiper Porto Fabiano. 

Enam menit berselang, Robert Lewandowski datang mengangkhiri kerjasama apik Philipp Lahm di sisi kanan dan Thomas Mueller yang melepaskan bola melambung untuk disundul keras Lewandowski yang tepat masuk gawang Porto. 

Ketinggalan 0-3, pelatih Porto Julen Lopetegui langsung menyuruh tiga pemain cadangannya melakukan pemanasan di pinggir lapangan, namun hanya Ricardo Pereira yang dimasukkan ke lapangan pada menit 33 untuk menggantikan Diego Reyes.

Pergantian pemain ini tak berpengaruh apa-apa, baik bagi Porto maupun derasnya serangan tuan rumah.  Sebaliknya, pada menit 36, giliran Thomas Mueller menciptakan gol lewat tembakan dari jarak 25 meter yang sempat membentur bek Porto Bruno Martins Indi sehingga mengecoh kiper Fabiano untuk kemudian tak bisa mencegah gol keempat Bayern.

Empat menit kemudian pada menit 40, Lewandowski menciptakan gol keduanya yang menjadi penutup pesta gol pada babak pertama usai menerima umpan Mueller yang berkreasi di sisi kanan untuk kemudian memberi jalan pemain timnas Polandia itu melakukan dua sentuhan saja sebelum menaklukkan Fabiano untuk kedua kalinya.

Pada babak kedua, Bayern bermain tidak seeksplosif babak pertama, namun Goetze hampir saja menambah gol Bayern, sedangkan tendangan Mueller melenceng dari gawang.

Porto yang seakan mustahil bisa menciptakan tiga gol di kandang raksasa Jerman perkasa untuk bisa lolos ke semifinal Liga Champions untuk pertama kalinya sejak musim 2003/2004 ketika ditangani Jose Mourinho yang akhirnya membawa mereka juara itu, sedikit bisa menarik nafas untuk menghindari derasnya hujan gol di Allianz Arena pada babak kedua ini.

Bahkan, Porto yang memasukkan dua pemain baru pada babak kedua --masing-masing Ruben Neves dan Evandro-- akhirnya bisa mencuri satu gol pada menit 73.

Jackson Martinez yang juga mencetak gol pada leg pertama di kandang Porto pekan lalu, menyambut unmpan pemain pengganti Evandro dengan sundulan dari jarak dekat yang tak bisa ditahan kiper Manuel Neuer.   Gol Martinez ini adalah berasal dari satu-satunya peluang on target Porto pada laga ini.

Agregat pun kini menjadi 6-4, masih untuk Bayern Munchen.   Dan sepertinya mustahil bagi Porto untuk bisa membalikkan keadaan, apalagi pada menit 87 klub Portugal ini harus kehilangan satu pemainnya setelah Ivan Marcano diusir ke luar lapangan usai menerima kartu kuning kedua menyusul ganjalannya terhadap Alcantara.

Kelebihan satu pemain benar-benar dimanfaatkan Bayern karena hanya satu menit dari Marcano keluar, Munchen menciptakan satu gol pada babak kedua yang sekaligus menjadi penutup pesta gol mereka ke gawang Porto pada menit 88.

Gol ini berasal dari set-piece ketika Xabi Alonso sukses mengeksekusi tendangan bebas dari jarak 25 meter yang mengarahkan bola ke sudut atas gawang Porto dan tak bisa dihalau Fabiano.  Bayern pun menang 6-1 dan melenggang ke semifinal Liga Champions dengan agregat 7-4.

Berikut susunan pemain seperti dikutip AFP:

Bayern Munchen (4-3-3): Manuel Neuer; Rafinha, Jerome Boateng, Holger Badstuber, Juan Bernat; Philipp Lahm (kapten), Xabi Alonso, Thiago Alcantara (Dante); Thomas Mueller, Robert Lewandowski, Mario Goetze (Mitchell Weiser)
pelatih: Pep Guardiola (Spanyol)

Porto (4-3-3): Fabiano; Diego Reyes (Ricardo Pereira), Maicon, Marcano, Martins Indi; Hector Herrera, Casemiro, Oliver Torres; Ricardo Quaresma (Ruben Neves), Jackson Martinez (kapten), Yacine Brahimi (Evandro)
pelatih: Julen Lopetegui (Spanyol)

Wasit: Martin Atkinson (Inggris)
(skd)

Editor : Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar