Hujan disertai angin kencang yang berpotensi meliputi sebagian wilayah

id potensi hujan,cuaca indonesia,mitigasi bencana

Hujan disertai angin kencang yang berpotensi meliputi sebagian wilayah

Arsip Foto. Awan hitam yang menutupi langit Kota Bandung terlihat di Cibiru, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin (5/10/2020). (ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI)

Jakarta (ANTARA) - Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang pada Rabu berpotensi meliputi sebagian wilayah Indonesia menurut prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

BMKG menyampaikan peringatan dini mengenai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang di Pulau Kalimantan, Sumatera, Sulawesi, Jawa, dan Papua.

Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang berpotensi meliputi wilayah Provinsi Aceh, Bali, Bangka Belitung, DKI Jakarta, Gorontalo, Jambi, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara.

Wilayah Provinsi Lampung, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Papua, Papua Barat, Riau, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, dan Sumatera Utara juga menghadapi potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang.

Di wilayah DKI Jakarta, hujan berpotensi terjadi pada sore hingga malam hari di Jakarta Selatan dan Timur.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto mengimbau masyarakat mewaspadai potensi cuaca ekstrem pada periode peralihan dari musim penghujan ke musim kemarau.

Menurut dia, fenomena cuaca ekstrem seperti hujan lebat berdurasi singkat disertai kilat/petir, angin kencang, puting beliung, dan hujan es biasa terjadi pada masa peralihan musim.