Pemkab Buol bangun daerah berorientasi pemenuhan HAM

id bupati buol,amirudin rauf,pemkab buol,HAM

Pemkab Buol  bangun daerah berorientasi pemenuhan HAM

Bupati Buol Amirudin Rauf (ANTARA/HO-Humas Setda Pemkab Buol)

Buol, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Bupati Buol, Sulawesi Tengah, Amirudin Rauf, mengatakan pembangunan yang diselenggarakan pemerintah daerah setempat berorientasi pada pemenuhan Hak Asasi Manusia (HAM).

"Yakni hak untuk hidup layak, sejahtera, hak mengenyam pendidikan yang layak dan berkualitas, hak untuk mengakses kesehatan gratis, dan hak terhadap alokasi anggaran yang berpihak," kata Amirudin, di Buol, Rabu.

Dia mengatakan pemenuhan hak asasi tersebut masih harus terus menerus diwujudkan di Kabupaten Buol.

Kata Amirudin semangat untuk menjunjung tinggi HAM adalah semangat mewujudkan kesejahteraan, baik itu akses terhadap modal, sarana-prasarana pertanian, akses pendidikan serta kesehatan gratis dan berkualitas.

Termasuk sebut dia, akses untuk dapat memiliki minimal seekor ternak sapi. 

"HAM juga diatur dalam Pancasila, yakni sila kedua kemanusiaan yang adil dan beradab. Presiden pertama menyebut sosio nasionalisme, atau nasionalisme yang harus menjunjung tinggi prikemaanusiaan," katanya.

Di Kabupaten Buol, ujar dia, lewat kepemimpinannya telah mencanangkan program yang mengarah pada pembangunan kesejahteraan masyarakat yakni gerakan tanam serentak Buol swasembada bertajuk Gertak Bos.

Kemudian program satu orang satu sapi bertajuk 'one man one cow', dan program P3K. Selain itu, juga ada program peningkatan budidaya tambak udang vaname.

"Pemenuhan HAM adalah mewujudkan kesejahteraan rakyat dengan bertumpu pada kemandirian ekonomi adalah cita-cita atau falsafah demokrasi ekonomi di Kabupaten Buol," ungkapnya.

Dia mengatakan tugas pemerintah daerah memastikan program berjalan dan target RPJMD dapat dicapai Tahun 2022.
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar