Gubernur: Belum Pikirkan Pengganti Sekprov

id longki

Gubernur Sulteng Drs H Longki Djanggola, MSi (ANTARASulteng/Rolex Malaha)

Mengenai penjabat sudah kita rancang semua, tapi masih ada usulan lain
Palu, (antarasulteng.com) - Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola mengatakan, pihaknya belum memikirkan kemungkinan calon pengganti Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah Amdjad Lawasa, walaupun yang bersangkutan sebentar lagi memasuki masa pensiun.

"Soal itu belum ada," kata Longki di sela-sela pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan anggota Panitia Pengawas Pemilihan Bupati/Wali Kota di Palu, Kamis.

Dia mengatakan waktu tugas Sekprov Amdjad Lawasa masih beberapa bulan lagi walupun yang bersangkutan telah mengantongi surat keputusan pensiun.

"Masa tugasnya sampai 1 Oktober," katanya.

Selain Sekretaris Provinsi, setidaknya terdapat lima pejabat eselon II di lingkungan pemerintah provinsi akan memasuki masa pensiun pada 2015.

Mengenai hal ini kata Longki, sedang dipersiapkan calon pengganti dengan promosi jabatan melalui proses lelang jabatan.

Gubernur dalam waktu dekat juga akan mendistribusi penjabat bupati/wali kota menyusul akan berakhirnya masa jabatan tujuh kepala daerah yakni Kota Palu, Sigi, Tolitoli, Tojo Unauna, Poso, Banggai, dan Morowali Utara.

Terkait akan berakhirnya masa jabatan bupati/wali kota menjelang pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak, Longki mengatakan sudah merancang calon penjabat yang akan ditempatkan di daerah itu.

"Mengenai penjabat sudah kita rancang semua, tapi masih ada usulan lain," katanya.

Menurut Longki bupati/wali kota yang akan berakhir masa jabatannya tiga bulan sebelum pemilihan kepala daerah, penjabat bupati sebaiknya dijabat oleh sekretaris daerah. Namun usulan itu belum mendapat tanggapan dari Menteri Dalam Negeri.

"Atau diserahkan gubernur nanti gubernur yang menunjuk pelaksana tugas," katanya.(skd) 
Pewarta :
Editor: Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar