Rektor: Alumni IAIN Palu harus mampu pecahkan masalah sosial-keagamaan

id IAIN Palu,alumni iain palu,wisuda iain palu,prof sagaf s pettalongi

Rektor: Alumni IAIN Palu  harus mampu pecahkan masalah sosial-keagamaan

Ketua Senat IAIN Palu Dr Sidik menyerahkan cenderamata kepada Prof Sagaf Pettalongi dalam pengukuhan tiga guru besar, dalam wisuda semester ganjil Tahun Akademik 2020/2021 di Sigi, Rabu (31/3/2021). (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu Prof Sagaf S. Pettalongi MPd menyatakan alumni perguruan tinggi tersebut harus mampu memecahkan masalah sosial keagamaan yang dihadapi masyarakat.

"Keluarga besar IAIN Palu mengharapkan kalian kembali ke tengah masyarakat mengabdikan diri, hadir sebagai pembawa solusi bukan pembawa masalah," ucap dia saat menyampaikan pesan almamater dalam wisuda semester ganjil Tahun Akademik 2020/2021 di Kampus II IAIN di Sigi, Rabu.

Ia berpesan kepada 450 wisudawan dan wisudawati agar menjadikan keberhasilan saat ini sebagai pembangkit kinerja untuk bekerja lebih keras demi kesuksesan pada masa yang akan datang dengan tetap membawa nama baik IAIN Palu sebagai almamater mereka.

Ia juga meminta kepada alumni agar memberikan sumbangsih positif bagi pengembangan kampus IAIN Palu di masa kini dan akan datang.

"Alumni menjadi media penghubung antara IAIN Palu dengan masyarakat, yang nantinya dapat memberikan ide-ide dan pemikiran-pemikiran berharga bagi pengembangan lembaga ini, sesuai dengan dinamika perkembangan sosial masyarakat," ujar Prof Sagaf.

Dalam upaya pengembangan IAIN Palu, telah ditetapkan rencana strategis lima tahun ke depan, yang berkomitmen pada penguatan tata kelola kelembagaan dan kultur akademik, yang berdampak pada daya dukung optimal bagi pengembangan kajian Islam moderat.

"Islam moderat yang dikembangkan berbasis pada integrasi ilmu yang menghilangkan dikotomi antara studi-studi saintifik dan keagamaan, berpijak pada spiritualitas, serta mengakomodir keragaman nilai-nilai budaya lokal," ungkapnya.

Dalam wisuda kali ini, ia juga menetapkan enam wisudawan-wisudawati berprestasi terbaik S1, S2, dan S3. Dari pascasarjana S3 alumni berprestasi terbaik ialah Doktor Ubadah dan dari pascasarjana S2 Latahang Noho.  Untuk S1, Moh Amin dari Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, Wildan Fakultas Syariah, Neng Putri Yulistia Fakultas Ekonomi Bisnis Islam, dan Dedi Haryanto Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan.

Ia juga mengukuhkan tiga guru besar, yaitu Prof Sagaf S. Pettalongi sebagai guru besar managemen pendidikan. Prof Nurdin sebagai guru besar sistem informasi, dan Prof Rusli sebagai guru besar sejarah dan hukum Islam.
Wakil Rektor Bidang Akademik IAIN Palu Dr Abidin Djafar menyerahkan cendramata kepada alumni dalam wisuda semester ganjil tahun akademik 2020/2021 di Sigi, Rabu. (ANTARA/Muhammad Hajiji)