Anggota DPR Ahmad Ali: Penanggulangan terorisme harus dilakukan berbeda

id ahmad m ali,dpr-ri,fraksi nasdem,radikalisme dan terorisme,nasdem sulteng

Anggota DPR Ahmad Ali: Penanggulangan terorisme harus dilakukan berbeda

Anggota Komisi III Ahmad M Ali memberikan keterangan kepada wartawan di Bandar Udara Mutiara Sis Aljufri Palu, Kamis (1/4/2021) menanggapi adanya isu radikalisme dan terorisme di Tanar Air. ANTARA/Muhammad Hajiji.

Palu (ANTARA) - Anggota Komisi III DPR Ahmad M Ali menyatakan penanggulangan terorisme dan radikalisme bagi pemerintah harus dilakukan berbeda dengan kejahatan lainnya.

"Kelompok radikalisme dan terorisme merupakan kejahatan luar biasa, serta memiliki jejaring dan jaringan yang kuat, sehingga diperlukan pendekatan penanganan secara terencana, terstruktur dan masif," ujar Ahmad M Ali di Palu, Kamis menyikapi sejumlah aksi teror yang terjadi di Tanah Air.

"Mengusut terorisme itu harus dibuat secara terencana, sehingga penanganannya terencana. Jangan nanti terjadi aksi teror baru bekerja," ucap lagi.

Anggota DPR dari daerah pemilihan Provinsi Sulteng itu menyayangkan adanya aksi teror masih terjadi secara berulang-ulang seperti yang terjadi di Lemba Tongoa, Kabupaten Sigi, dan aksi teror di depan Gereja Katedral Makassar serta aksi teror di Mabes Polri.

"Terorisme ini bukanlah hal yang baru di Tanah Air, dan ini sudah sekian lama, serta penanganannya pun tidak dilakukan secara tuntas," ungkap Ketua Fraksi NasDem DPR-RI itu.

Oleh karena itu, kata dia, penanggulangan radikalisme dan terorisme semestinya harus terencana dilakukan oleh pemerintah, agar radikalisme dan terorisme tuntas di negeri ini.

"Jadi harus dipetakkan kekuatan terorisme seperti apa, jejaringnya seperti apa. Sehingga tidak menganggap selesai, ketika suatu aksi teror bisa dikejar, ditangkap dan ditembak, digrebek, lalu dianggap selesai," ujar Haji Matu - sapaan Ahmad M Ali.

Ia mengatakan Komisi III DPR sudah melakukan kunjungan ke Makassar berkaitan dengan aksi teror tersebut. 

Selain itu pihaknya juga akan mengundang pihak-pihak terkait untuk membahas penanggulangan radikalisme dan terorisme.
Ketua Fraksi NasDem DPR-RI Ahmad M Ali memberikan keterangan kepada wartawan di Bandar Udara Mutiara Sis Aljufri Palu, Kamis (1/4/2021). ANTARA/Muhammad Hajiji)