DMI Palu minta masjid sediakan sarana kebersihan cegah COVID-19

id Tarawih,Puasa ramadhan,Ramadhan,DMI ,DMI Palu,Iqbal Andi Magga

DMI Palu  minta masjid sediakan sarana kebersihan cegah COVID-19

Umat Islam di Kota Palu laksanakan shalat Isya dan Tarawih berjamaah Jalan Sis Aljufri depan Masjid Alkhairaat tahun 2019. (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Palu (ANTARA) - Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Palu, Sulawesi Tengah, mengimbau pengurus masjid dan pegawai syara' di semua masjid di daerah tersebut, agar menyediakan sarana kebersihan untuk cegah COVID-19 s pada Ramadhan tahun ini.

"MUI telah mengeluarkan fatwa membolehkan Shalat Tarawih berjamaah di masjid, maka pelaksanaan shalat harus tetap memperhatikan protokol kesehatan pencegahan COVID-19," ucap Ketua DMI Kota Palu Moh Iqbal Andi Magga, di Palu, Ahad.

Selama sebulan penuh, kata Iqbal, pengurus masjid harus memastikan bahwa pelaksanaan ibadah di masjid berjalan dengan menerapkan protokol kesehatan cegah COVID-19.

Hal itu, ujar dia, demi keamanan, kenyamanan seluruh jamaah masjid dalam pelaksanaan ibadah di masjid termasuk shalat tarawih.

"Penerapan protokol kesehatan cegah COVID-19, untuk kesehatan dan keselamatan bersama," kata Iqbal.

Mantan Ketua DPRD Kota Palu itu mengemukakan bahwa penyediaan sarana cegah COVID dan penerapan protokol kesehatan cegah COVID-19, sebagai bentuk upaya menghindari masjid sebagai kluster baru penyebaran COVID-19.

"Petugas masjid di Kota Palu agar menyediakan sarana air bersih, sabun dan penyanitasi tangan serta mengingatkan menggunakan masker selama bulan Ramadhan serta memperhatikan jarak antar jamaah," ungkapnya.

DMI Palu juga menyarankan kepada seluruh jamaah yang berkelebihan rejeki untuk saling membantu menyediakan peralatan kesehatan cegah COVID-19.

"Ini bertujuan agar kita bisa segera mengatasi penyebaran pandemi COVID," ujarnya.

DMI Palu berharap terbangun kebersamaan dan persepsi yang sama untuk cegah COVID-19.*