NasDem Sulteng perintahkan fraksinya fokus atasi kemiskinan daerah

id nasdem,nasdem sulteng,parta nasdem,fraksi nasdem,atha mahmud,kemiskinan

NasDem Sulteng  perintahkan fraksinya fokus atasi kemiskinan daerah

Ketua Partai NasDem Provinsi Sulteng Atha Mahmud (Dok NasDem Sulteng)

Palu (ANTARA) - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasional Demokrat (NasDem) Provinsi Sulawesi Tengah memerintahkan kepada seluruh fraksinya di DPRD di tingkat provinsi, kabupaten dan kota agar fokus mengatasi kemiskinan di daerah masing-masing.

"Fraksi NasDem di semua tingkatan harus melahirkan kebijakan dan regulasi daerah yang mampu menjawab masalah-masalah mendasar seperti mengatasi kemiskinan, stunting, dan juga buta huruf," ucap Ketua DPW Partai NasDem Sulteng Atha Mahmud, di Palu, Senin.

Hal itu, kata Atha Mahmud, adalah hasil dari rapat koordinasi wilayah (Rakowil) Partai NasDem Sulteng yang dilaksanakan sejak 2 - 3 April 2021 di Palu.

Masalah kemiskinan menjadi masalah serius yang dihadapi oleh daerah ini. Apalagi di Palu, Donggala, Sigi dan sebagian Parigi Moutong (Padagimo) yang merupakan daerah terdampak gempa, tsunami dan likuefaksi 28 September 2018.

Di Palu, Donggala dan Sigi, dampak dari gempa, tsunami  dan likuefaksi hingga saat ini sebahagian masyarakat masih berada di hunian sementara, belum mendapatkan hunian tetap permanen.

Belum lagi mengenai stunting yang hingga saat ini di Sulawesi Tengah masih terbilang tinggi. Salah satu kabupaten yang angka stuntingnya masih tinggi yakni Kabupaten Sigi.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Sigi, angka kasus kekerdilan di daerah itu pada 2019 dengan status pendek dan sangat pendek untuk usia 0-23 bulan mencapai 1.199 kasus atau 20,2 persen, sedangkan usia 0-59 bulan mencapai 3.580 kasus atau 24,7 persen.

"Menyikapi masalah-masalah tersebut, maka NasDem menempatkan fraksi sebagai etalase kekuasaan yang mampu mendobrak formulasi kebijakan yang auto pilot menjadi out of The box," ujarnya.

Selain itu, sebut dia, untuk memaksimalkan peran NasDem dalam pelayanan terhadap masyarakat, maka akan dibangun sinergi vertikal dengan elemen kekuasaan pusat yang merupakan bagian dari petugas partai.

"Menjadikan petugas partai di eksekutif dan legislatif sebagai pilar utama dalam memaksimalkan peran Nasdem dalam membangun kesejahteraan masyarakat," ujarnya.
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar