OJK-Pemkot Palu koordinasikan Program PEN UMKM di Kota Palu

id Sulteng,Sandi,Palu,OJK,OJK Sulteng

OJK-Pemkot Palu  koordinasikan Program PEN UMKM di Kota Palu

Kepala OJK Sulteng Gamal Abdul Kahar (Ke dua dari kiri) berdialog dengan Wali Kota Palu Hadianto Rasyid (ke tiga dari kiri) dan Wakil Wali Kota Palu dr.Reny Lamadjido (kanan) di ruang kerja Wali Kota, Kantor Wali Kota Palu, Selasa (6/4). ANTARA/HO-Humas Pemkot Palu

Palu (ANTARA) - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kota Palu dalam rangka mendorong percepatan pemulihan ekonomi bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Palu.

Dorongan yang diberikan OJK kepada Pemkot Palu melalui Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) guna mempercepat realisasi Progran Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) bagi UMKM di ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) tersebut.

"TPAKD merupakan forum koordinasi antarinstansi dan stakeholder terkait untuk meningkatkan percepatan akses keuangan di daerah dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi daerah dan mewujudkan masyarakat yang lebih sejahtera," kata Kepala OJK Sulteng Gamal Abdul Kahar saat berdialog dengan Wali Kota Palu Hadianto Rasyid dan Wakil Wali Kota Palu dr.Reny A Lamadjido di Kantor Wali Kota Palu, Selasa.

Gamal menyatakan keberadaan TPAKD Kota Palu saat ini sangat penting terwujud sebagai akselerator penguatan ekosistem perekonomian daerah melalui peningkatan akses keuangan masyarakat khususnya Pelaku UMKM.

"Untuk tahun 2021 akan diimplementasikan program tematik TPAKD yaitu program kredit atau Pembiayaan Melawan Rentenir (K/PMR) dan pelaksanaan program Business Matching," ujarnya.

Ia menjelaskan K/PMR adalah program penyaluran kredit atau pembiayaan dengan proses yang lebih cepat, mudah, dan berbiaya rendah.

K/PMR diberikan oleh Lembaga Jasa Keuangan (LJK) formal kepada pelaku Usaha Mikro Kecil (UMK) untuk mengurangi ketergantungan atau pengaruh terhadap entitas pemberi kredit yang tidak terdaftar di OJK.

"Sedangkan program Business Matching sendiri bertujuan mempertemukan UMK dengan LJK untuk memperoleh produk dan layanan keuangan yang dibutuhkan dalam rangka pengembangan usaha," ucapnya.

Selain program tematik, Gamal mengatakan terdapat program lainnya yang diimplementasikan oleh TPAKD yaitu optimalisasi produk dan layanan keuangan antara lain Bank Wakaf Mikro.

"Kami berharap ke depannya di Kota Palu terdapat Bank Wakaf Mikro yang dapat memberdayakan masyarakat di lingkungan pesantren," harapnya.

Sementara itu Wali Kota Palu Hadianto Rasyid sangat mendukung langkah OJK untuk mendukung percepatan pemulihan ekonomi khususnya bagi UMKM di Palu.

"Tentunya dalam menjalankan roda pemerintahan di Kota palu, sangat terbuka kerja sama sinergitas antara Pemkot Palu dengan OJK Sulteng," tambahnya.