Global University Lebanon Kerja Sama Iain Palu

id zainal

Global University Lebanon Kerja Sama Iain Palu

Prof. Dr. Zainal Abidin, M.Ag (iain.ac.id)

Baru tahap penjajakan rencana kerja sama mereka (Global University) dengan kita (IAIN Palu). Kemarin (Senin, 25/5) mereka berkunjung ke sini
Palu,  (antarasulteng.com) - Global University Lebanon melirik Institut Agama Islam Negeri Palu untuk menjalin kerja sama dalam pengembangan studi keagamaan dan pertukaran dosen dan mahasiswa.

"Baru tahap penjajakan rencana kerja sama mereka (Global University) dengan kita (IAIN Palu). Kemarin (Senin, 25/5) mereka berkunjung ke sini," kata Rektor IAIN Palu Prof Dr Zainal Abidin di Palu, Selasa.

Global University diwakili oleh Kepala Bagian Humas Global University Dr Sadiddine El-Ajauz bersama Dr Abdul Rahman Bleik.

Zainal mengatakan, meskipun belum ada rancangan tertulis dari rencana kerja sama tersebut, tetapi pihak Global telah memberikan gambaran umum antara lain pengiriman dosen dari Global ke IAIN Palu, demikian sebaliknya, dari IAIN Palu dikirim ke Global.

Menurut Zainal, Kementerian Agama RI sudah memiliki hubungan kerja sama dengan Global University sehingga dari sanalah antara lain mereka mengetahui tentang IAIN Palu.

"Mereka juga berkunjung ke Alkhairaat. Mungkin dari Alkhairaat mereka juga mendapat nformasi mengenai IAIN Palu," katanya.

Dia mengatakan IAIN Palu dengan Global memiliki persamaan dan perbedaan dalam konsep aqidah dan aliran pemikiran keislaman.

"Di perguruan tinggi itu mereka belajar semua tentang aqidah dan aliran pemikiran, tetapi Global University menekankan satu aqidah yakni ahlusunnah waljamaah," katanya.

Sementara di IAIN Palu, seluruh aliran dipelajari namun tidak ada penekanan kepada mahasiswa untuk fanatik kepada salah satunya.

"Kita di IAIN Palu tidak memaksakan aqidah dan aliran pemikiran tertentu. Dari sisi akademis kita beri kebebasan kepada mahasiswa," katanya.

Zainal juga memberikan penjelasan bahwa ahlusunnah yang dipelajari di Global University sama dengan yang dipelajari di IAIN Palu.

"Bahkan saya katakan, ahlusunnah itu sangat sesuai dengan negara Pancasila," katanya.

Zainal mengatakan hingga kini belum ada kejelasan kapan rencana kerja sama itu akan diwujudkan.

"Dari kunjungan mereka ke sini, baru mereka tetapkan," katanya.***4***

(T.A055)

(T.A055/B/I006/I006) 26-05-2015 13:06:29