Pemerintah Optimistis Seluruh Indonesia Teraliri Listrik 2020

id sudirman

Pemerintah Optimistis Seluruh Indonesia Teraliri Listrik 2020

Menteri ESDM Sudirman Said (ANTARA FOTO/Vitalis Yogi Trisna)

Saya optimis pada saat Indonesia menginjak usianya ke-75 seluruh wilayahnya telah dialiri listrik karena saat ini sudah sekitar 84 persen wilayah Indonesia teraliri listrik
Jakarta (antarasulteng.com) - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengatakan pemerintah optimistis seluruh wilayah Indonesia sudah teraliri listrik pada 2020.

"Saya optimis pada saat Indonesia menginjak usianya ke-75 seluruh wilayahnya telah dialiri listrik karena saat ini sudah sekitar 84 persen wilayah Indonesia teraliri listrik," katanya di kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Minggu.

Di daerah-daerah terpencil yang sangat sulit dijangkau jaringan listrik, ia menjelaskan, pemerintah akan memberikan bantuan lampu tenaga surya kepada masyarakat.

"Lampu ini akan dijemur pada saat siang, dan malamnya dapat digunakan sebagai penerangan, minimal untuk anak-anak agar dapat belajar di malam hari," kata dia.

Pemerintah juga mendorong para investor menanamkan modal di sektor energi dan menargetkan nilai investasi energi dalam lima tahun ke depan mencapai Rp4.000 triliun.

Rinciannya, pemerintah menargetkan investasi di sektor ketenagalistrikan Rp1.100 triliun, minyak dan gas hulu Rp1.200 triliun, minyak dan gas hilir Rp600 triliun, mineral dan batu bara Rp600 triliun serta energi baru dan terbarukan Rp500 triliun. (skd)