Legislator minta penerima maksimalkan manfaat dana stimulan gempa Palu

id dana, stimulan, gempa

Legislator minta penerima  maksimalkan manfaat dana stimulan gempa Palu

Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan asal Sulawesi Tengah Matindas J Rumambi. (Antara/Anas Masa)

Palu (ANTARA) - Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Matindas J Rumambi meminta warga penerima dana stimulan gempa bumi di Palu untuk memanfaatkan secara maksimal dana itu sesuai peruntukannya.

"Saya harap warga menggunakan dana stimulan untuk memperbaiki kembali rumah yang rusak akibat diterpa gempa magnitudo 7,4 pada 28 September 2018," kata Anggota DPR dari Daerah Pemilihan Sulawesi Tengah itu di Palu, Kamis.

Ia mengatakan pemerintah telah mengaloklasikan anggaran yang cukup besar untuk perbaikan rumah penduduk yang mengalami dampak bencana gempa bumi yang terjadi di sejumlah wilayah di Sulteng.

Termasuk di Kota Palu, banyak bangunan penduduk yang rusak ringan, sedang hingga berat.

Untuk tahap kedua ini, pemerintah pusat sesuai data yang ada di Kantor Badan Pemnanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengucurkan anggaran atau dana stimulan gempa khusus Kota Palu sekitar Rp4,35 miliar.

"Dana ini untuk perbaikan rumah, bukan sebaliknya dipakai kebutuhan lain," kata Matindas.

Misalkan untuk membeli kendaraan sepeda motor atau lainnya."Gunakan sesuai dengan peruntukannya sebab akan ada pertanggungjawaban penggunaan dana tersebut," ujarnya.

Sejumlah warga di Palu membenarkan dana stimulan rumah rusak ringan sudah disalurkan ke rekening penerima. "Saya baru saja mengambilnya di Bank Sulteng senilai Rp10.000.000," ujar Ny Tin, warga di Kelurahan Tatura Selatan.

Hal senada juga diungkapkan Rivai, seorang warga di Kecamatan Tatanga. Ia mengatakan dana stimulan tahap kedua yang diperuntukkan bagi perbaikan rumah rusak ringan akibat gempa bumi di Kota Palu sudah dicairkan melalui Bank Sulteng di Palupi, Kecamatan Tatanga.

Rivai mengatakan dana akan digunakan untuk memperbaiki beberapa bagian bangunan yang rusak. "Syukur alhamdulillah akhirnya cair juga setelah beberapa tahun menanti," kata ayaj tiga putra itu.
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar