Wagub Sulteng apresiasi peran aktif PT.ANA sukseskan PSU Morowali Utara

id Pilkada Morut,PSU Morut,Morut,KPU Morut

Wagub Sulteng apresiasi peran aktif PT.ANA sukseskan PSU Morowali Utara

Wagub Sulteng Rusli Dg Pallabi (kiri), Penjabat Bupati Morut Yopie Patiro (kedua kiri) didampingi CDMA PT.Astra Agro Lestasi Wilayah Sulawesi-2 Agung Senoaji (kanan) saat meninjau TPS khusus di lingkungan PT.ANA, Minggu (18/4) (ANTARA/HO-Humas PT.ANA)

Semua TPS di Morut siap menggelar Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilkada 2020 pada Senin (19/4)
Kolonodale (ANTARA) - Wakil Gubernur Sulawesi Tengah H Rusli Baco Dg Palabbi memberikan apresiasi atas peran aktif PT. Agro Nusa Abadi (ANA) - anak prusahaan Astra Agro Lestari Group - dalam menyukseskan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilkada Morowali Utara 2020 yang akan digelar Senin (19/4/2021).

"Saya berharap PSU ini berlangsung aman, damai dan demokratis sehingga Morowali Utara bisa segera mendapatkan bupati/wakil bupati baru pilihan masyarakat," katanya pada silaturahmi para pemangku kepentingan PSU sekaligus buka puasa bersama di Kolonodale, ibu kota Kabupaten Morut, Minggu petang.

Silaturahmi itu dihadiri antara lain Kepala Badan Kesbangpol Sulteng Fakhruddin dan Penjabat Bupati Morowali Utara Yopie Patiro yang baru empat hari bertugas usai dilantik Gubernur Sulteng Longki Djanggola.

Baca juga: KPU Sulteng cek kesiapan logistik PSU di Morowali Utara
Baca juga: PSU Morowali Utara digelar 19 April dengan 1.383 pemilih


Wagub Sulteng sendiri diperintahkan Gubernur Longki Djanggola untuk berada di Morowali Utara guna mengawasi penyelenggaraan PSU agar berjalan aman, tertib dan demokratis sehingga semua pihak dapat menerima dengan baik hasil PSU tersebut.

PSU ini akan digelar di TPS Desa Menyoe, Kecamatan Mamosalato, TPS Desa Peboa, Kecamatan Petasia Timur dan dua TPS khusus di lingkungan PT.Agro Nusa Abadi (ANA) yang merupakan anak perusahan Astra Agro Lestari Group dengan jumlah pemilih 1.383 orang.

Dua pasangan calon yang akan dipilih dalam PSU ini adalah Dr dr Delis Julkarson Hehi, MARS/H.Djira, Spd,MPd dan Ho Liliana/Abudin Halilu. Dalam pilkada 9 Desember 2020, pasangan Delis/Djira menang unggul dari Ho Liliana/ABudin dengan 619 suara. Namun pasangan Ho Liliana/Abudin mempersengkatan hasil itu ke MK.

Baca juga: Astra Agro jamin bersikap netral dalam PSU Morowali Utara

Keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) memerintahkan KPU menggelar PSU karena terbukti ada kesalahan KPU Morut dalam menyelenggarakan Pilkada pada 9 Desember 2020 serta adanya kebijakan internal PT.ANA terkait kewajiban karyawan mengikuti pemeriksaan PCR Covid-19 usai mencoblos, sehingga para karyawan PT.ANA banyak yang enggan menggunakan hak pilihnya.

Ketua KPU Morowali Utara Yusri Ibrahim pada kesempatan terpisah mengapresiasi manajemen PT.ANA yang memberikan dukungan kepada KPU Morut untuk menyukseskan PSU ini, mulai dari pemberian data karyawan yang valid mengenai jumlah dan nama-nama karyawan, penyediaan lokasi TPS khusus hingga kesediaan menerima KPU untuk melakukan sosialisasi kepada para karyawan ANA terkait PSU tersebut.

Sedangkan Kepala Kesbangpol Sulteng Fakhruddin menghargai kesediaan perusahaan untuk meliburkan karyawannya selama sehari agar para karyawan bisa mendatangi dua TPS khusus yang disediakan untuk menggunakan hak pilihnya.

Baca juga: Polda Sulteng kerahkan 200 personel bantu pengamanan PSU di Morut

Sebelum silaturahmi dan buka puasa bersama tersebut, Wagub Sulteng Rusli Dg Pallabi dan Penjabat Bupati Morut Yopie Patiro mengunjungi lokasi PT.ANA di Kecamatan Petasia Timur untuk melihat dari dekat kedua TPS khusus di lingkungan perusahaan berkebunan dan pabrik minyak kelapa sawit itu.

Community Development Area Manager (CDMA) PT.Astra Agro Lestasi Wilayah Sulawesi-2 yang membawahi PT.ANA Agung Senoaji mengatakan bahwa pihaknya juga terus menghimbau para karyawan yang memiliki hak pilih untuk mendatangi TPS guna mencoblos dan perusahaan akan memfasilitasi mereka dengan angkutan khusus ke TPS dan meliburkan mereka.

Menurut pemantauan ANTARA di lokasi PT.ANA dan Desa Peboa Minggu malam, suasana di sana berjalan aman dan kondusif dan semua TPS sudah siap menyelenggarakan PSU. Surat panggilan memilih sudah terdistribusi kepada para pemilih sedangkan logistik PSU sudah berada di PPS Kecamatan Petasia Timur dan akan didistribusikan ke semua TPS pada Senin pagi sebelum pencoblosan dimulai.

Baca juga: KPU Morut: Distribusi logistik PSU TPS terpencil melalui udara
Pewarta :
Editor : Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar