Shopee Pilih Lokal untuk kumpulkan produk lokal berkualitas

id shopee,shopee indonesia,shopee pilih lokal,produk lokal

Shopee Pilih Lokal untuk kumpulkan produk lokal berkualitas

Direktur Eksekutif Shopee Indonesia Handhika Jahja, pendiri JINISO Dian Fiona dan pendiri Somethinc Irene Ursula saat jumpa pers virtual peluncuran Shopee Pilih Lokal, Senin (19/4/2021). (ANTARA/Tangkapan layar)

Jakarta (ANTARA) - Shopee Indonesia meluncurkan fitur Shopee Pilih Lokal yang diisi merek dan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) lokal.

"Kami harap Shopee Pilih Lokal ini bisa permanen, untuk menunjukkan produk lokal unggulan, mendorong merk UMKM lokal dan mendorong kecintaan terhadap produk lokal," kata Direktur Eksekutif Shopee Indonesia, Handhika Jahja, dalam acara virtual, Senin.

Shopee Pilih Lokal merupakan laman hasil kurasi untuk produk-produk lokal, untuk kategori fesyen, makanan dan minuman, kecantikan, peralatan rumah dan gaya hidup, serta perlengkapan ibu dan anak.

Menurut Handhika, produk lokal di Shopee selama ini cukup mendominasi, yaitu 97 persen penjualan barang di platform tersebut merupakan produk lokal.

Shopee melihat selama ini pelaku UMKM lokal mengalami kendala untuk memasarkan produk buatan mereka. Wadah seperti Shopee Pilih Lokal merupakan salah satu upaya untuk menjangkau lebih banyak konsumen.

Selain menyediakan kumpulan merk lokal, fitur Shopee Pilih Lokal juga memberikan promosi khusus untuk produk lokal antara lain berupa potongan harga, kupon hingga promosi untuk pembayaran dengan kartu perbankan.

Shopee Pilih Lokal ini juga merupakan dukungan platform dagang tersebut untuk program pemerintah Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia yang bergulir sejak tahun lalu.

Pendiri JINISO, merk jeans lokal untuk perempuan, Dian Fiona, berpendapat fitur Shopee Pilih Lokal berguna untuk memamerkan produk-produk lokal dan berkesempatan untuk dilirik konsumen mancanegara.

Pendiri merk perawatan kulit Somethinc, Irene Ursula, melihat Shopee Pilih Lokal merupakan ajang untuk menunjukkan bahwa produk lokal berkualitas dan banyak merk yang memiliki produk yang bagus.

Dengan begitu, konsumen akan percaya pada kualitas produk lokal.