Bupati Sigi upayakan huntap Pombewe dilengkapi rumah ibadah dan aula

id pemkab sigi,bupati sigi,mohamad irwan lapatta,huntap pombewe,huntap penyintas gempa

Bupati Sigi upayakan huntap Pombewe dilengkapi rumah ibadah dan aula

Bupati Sigi Mohamad Irwan memimpin rapat percepatan pembangunan hunian warga penyintas gempa dan likuefaksi, berlangsung di Aula Kantor Bupati Sigi, Senin (19/4). ANTARA/Muhammad Hajiji

Kami mengusulkan kepada Budha Tzu Chie agar huntap di Pombewe dilengkapi dengan rumah ibadah masjid dan gereja serta fasilitas umum gedung aula pertemuan
Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Bupati Sigi, Sulawesi Tengah, Mohamad Irwan mengupayakan hunian tetap (huntap) permanen untuk penyintas gempa dan likuefaksi di Desa Pombewe, Kecamatan Sigi Biromaru, dapat dilengkapi rumah ibadah dan gedung aula pertemuan.

"Kami mengusulkan kepada Budha Tzu Chie agar huntap di Pombewe dilengkapi dengan rumah ibadah masjid dan gereja serta fasilitas umum gedung aula pertemuan," ucap Mohamad Irwan Lapatta berkaitan dengan progres percepatan pemulihan pascagempa Sigi.

Kata Bupati, pihak Yayasan Budha Tzu Chie memberikan respon positif terhadap usulan tersebut, demi memenuhi kepentingan masyarakat yang berada di lokasi relokasi pembangunan hunian tetap Kompleks Perumaha Cinta Kasih.

"Kalau yang tiga ini, sarana prasarana aula pertemuan, masjid dan gereja sudah ok," ungkap Bupati.

Selain itu, Bupati Sigi juga memohon kepada pihak Yayasan Budha Tzu Chie untuk membangun fasilitas pendidikan di lokasi kompleks perumahan Cinta Kasih di Pombewe.

Hal itu agar penyintas gempa dan likuefaksi yang menempati hunian tetap di kompleks tersebut,
tidakn lagi kesulitan akses pendidikan.

"Sekolah untuk hunian tetap sudah kami usulkan ke Yayasan Budha Tzu Chie, semoga pihak Budha Tzu Chie bisa menerima usulan ini," ujarnya.

Selain fasilitas pendidikan, keagamaan dan sosial, Pemkab Sigi, kata Bupati juga mengusulkan kepada Yayasan Budha Tzu Chie tentang penambahan pembangunan 500 unit hunian tetap
di Pombewe.

"Usulan ini sudah sampai ke Yayasan Budha Tzu Chie, nanti akan dibahas di tingkat pimpinan Budha Tzu Chie," ungkapnya.

Saat ini Yayasan Budha Tzu Chie telah membangun 500 unit huntap di Desa Pombewe. Bupati menyebut dari 500 unit yang telah terbangun, sekitar 400 unit lebih telah ditempati oleh penyintas gempa dan likuefaksi.

Hunian tetap yang ada di lokasi relokasi penyintas gempa dan likuefaksi di Desa Pombewe, selain dibangun oleh Budha Tzu Chie, juga dibangun oleh Kementerian PUPR sebanyak 400 unit dan Bank Mayapada 72 unit.

"Huntapnya sudah, sisa sarana dan infrastruktur penunjang yang belum memadai seperti jalan lingkungan, gorong-gorong dan drainase, listrik. Nah, pemerintah terus berupaya agar sarana dan infarstruktur penunjang ini cepat terbangun dan selesai," ucapnya.

Baca juga: Kepala BNPB tanam pohon di lokasi hunian tetap di Sigi
Baca juga: Pemkab Sigi upayakan penuhi kebutuhan air bersih di huntap korban gempa
Baca juga: Pemkab Sigi percepat pembangunan huntap agar segera dihuni korban bencana

 Baca juga: Pemkab Sigi kemukakan lokasi huntap butuh air dan sarana lingkungan
Pewarta :
Uploader : Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar