Pemkab Sigi terapkan konsep "smart city" percepat layanan masyarakat

id Pemkab Sigi,Bupati sigi,Smart city,BNI,Smart city bni,Mohamad irwan

Pemkab Sigi  terapkan konsep "smart city" percepat layanan masyarakat

Bupati Sigi Mohamad Irwan (kiri) menerima pemberian cendramata dari pihak BNI di sela-sela sosialisasi smart city BNI. (Dok Humas Setda Pemkab Sigi)

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, mulai menerapkan konsep "smart city" dalam penyelenggaraan pembangunan daerah yang salah satu tujuannya adalah mempercepat pelayanan kepada masyarakat di daerah itu.

"Kami berkeinginan dan berkomitmen untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat secara cepat dan cerdas, serta langsung dirasakan oleh masyarakat manfaatnya," ucap Bupati Sigi Mohamad Irwan di Sigi, Selasa.

Konsep smart city dalam penyelenggaraan pembangunan daerah di Kabupaten Sigi didukung oleh Bank BNI.

Lewat smart city BNI, Irwan berharap keinginan dan komitmen Pemkab Sigi memberikan layanan kepada masyarakat yang cepat, tepat dan cerdas dapat terealisasi.

"Melalui konsep Smart City BNI ini, kami berharap komitmen itu bisa terwujud dan memberikan dampak peningkatan kesejahteraan masyarakat secara langsung," kata bupati.

Smart city merupakan salah satu konsep pembangunan dan pengembangan daerah dan kota yang pernah digagas oleh pemerintah. Konsep ini ditindaklanjuti oleh BNI dan diterapkan di beberapa daerah salah satunya di Kabupaten Sigi yang mendapat dukungan penuh dari Bupati Mohamad Irwan.

Berkaitan dengan hal itu, Project Leader Smart City BNI Hermita Akmal sangat mengapresiasi komitmen pemerintah daerah Kabupaten Sigi untuk menerapkan konsep Smart City dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah.

Lewat konsep smart city, penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan akan dilakukan berbasis digital yang memberikan solusi bagi pemerintah daerah.

Salah satunya dalam transaksi keuangan yang dilakukan berbasis digital untuk memberi kemudahan dalam pengelolaan dan pelayanan keuangan, di antaranya untuk pembayaran/belanja daerah, penerimaan pendapatan daerah.

Tidak hanya itu, konsep smart city BNI juga membantu pemerintah daerah mempromosikan pariwisata dan produk-produk UMKM dan penyediaan uang elektronik bagi masyarakat dan pemerintah daerah, untuk meningkatkan transaksi nontunai.
 
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar