Penerima BLT UMKM tidur dan sahur di depan kantor BRI cabang Palu

id bantuan umkm,kota palu,sulawesi tengah

Penerima BLT UMKM tidur dan sahur  di depan kantor BRI cabang Palu

Puluhan warga tidur dan sahur di depan kantor Bank Rakyat Indonesia (BRI) cabang Palu, di Jalan Moh Hatta, Kelurahan Lolu Utara, untuk mendapatkan nomor antrian sebagai penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) UMKM dari pemerintah, Rabu 21/04. Foto : ANTARA/ (Rangga Musabar)

Palu (ANTARA) - Para penerima bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau Bantuan Langsung Tunai (BLT) UMKM rela tidur dan makan sahur di depan kantor BRI Cabang Kota Palu demi mendapatkan nomor antrean untuk mendapatkan bantuan tersebut.

Sudah sepekan terakhir, setelah pencairan dana, ratusan warga di Kota Palu yang tercatat sebagai penerima BLT UMKM mengantre di kantor BRI cabang Palu. Antrean panjang terjadi setiap harinya, sehingga mereka rela tidur di depan kantor BRI demi memperoleh nomor antrean dari pihak bank.



Pantauan Antara di lokasi, Rabu, mereka juga menyediakan makanan untuk sahur di lokasi tersebut.

Eci, salah satu warga yang datang dari Desa Dalaka, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah mengaku sudah enam hari ia mencoba datang untuk mengambil nomor antrean, tapi tak kunjung dapat, hal itu disebabkan pembatasan pelayanan terhadap penerima BLT oleh pihak bank, yang hanya melayani 50 orang dalam sehari.

"Saya sudah enam hari antre, tapi belum juga dapat nomor, terpaksa saya tidur di sini, di rumah anak baru satu bulan saya tinggal, kalau tidak begini tidak bisa dapat nomor antrean," tuturnya

Hal yang sama diungkapkan Desianti, warga Sirenja, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah. Menurutnya sebagian besar warga yang tidur dan sahur di depan kantor BRI ini tinggal di luar Kota Palu, seperti Kabupaten Sigi dan Donggala.

"Kami ini rata-rata orang jauh, karena kalau dari sana lagi, kita keduluan yang lain. Kami coba di BRI unit, tapi prosesnya lama, katanya setelah masukkan berkas nanti ditelefon, ini tidak ada, makanya kami kemari," katanya.

Ada beberapa persyaratan yang harus dilengkapi para penerima BLT UMKM ini, seperti buku tabungan, KTP, surat keterangan usaha, foto bukti usaha, kartu keluarga, serta bukti tercatat sebagai penerima di Eform BRI.

"Iya kita cek dulu nama di Eform BRI itu, kalau ada kita lengkapi berkas-berkas lain," tambahnya

Pemerintah memberikan waktu selama tiga bulan untuk proses pencairan BLT UMKM ini.
 
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar