AS Bantu Indonesia Danai Program Perubahan Iklim

id amerika

Salah satu bantuan tersebut yakni sumbangan pemerintah AS sebesar 5 juta Dolar sekaligus kerja sama dengan Indonesia Climate Change Trust Fund (ICCTF) pada 19 juni lalu
Padang,  (antarasulteng.com) - Amerika Serikat (AS) melalui Badan Pembangunan Internasional Pemerintah (USAID) membantu Indonesia untuk mendanai berbagai program tentang perubahan iklim yang terjadi.

"Salah satu bantuan tersebut yakni sumbangan pemerintah AS sebesar 5 juta Dolar sekaligus kerja sama dengan Indonesia Climate Change Trust Fund (ICCTF) pada 19 juni lalu," kata Direktur USAID, Andrew Sisson saat dikonfirmasi di Padang, Selasa.

Dia menyebutkan bantuan senilai 5 juta dolar tersebut nantinya akan didistribusikan kepada lembaga swadaya masyarakat yang bergerak dalam bidang perubahan iklim tersebut.

Sebab sejauh ini ICCTF merupakan institusi yang menampung seluruh bantuan internasional tentang masalah perubahan iklim yang selanjutnya akan disalurkan dalam kebijakan bidang tersebut.

"Langkah pemerintah AS ini untuk mendukung kebijakan Indonesia dalam menangani dan mengatasi persoalan perubahan iklim," imbuhnya.

Dia menjelaskan saat ini akibat terjadinya perubahan iklim tersebut di Indonesia mengalami potensi adanya ancaman yang membahayakan masyarakat.

Seperti menurunnya produksi pangan akibat perubahan pola cuaca serta naiknya permukaan air laut yang menyebabkan banjir di pesisir pantai.

Sejauh ini kata Andrew, Pemerintah Indonesia telah melakukan berbagai kebijakan untuk mengantisipasi hal tersebut, salah satunya dalam mitigasi bencana.

Kebijakan inilah yang menjadi prioritas AS untuk terus mendukung Indonesia baik itu dalam dukungan dana maupun riset.

Sebab saat ini masalah perubahan iklim bukan hanya kepentingan satu negara saja melainkan seluruh dunia internasional, ucapnya.

Sementara itu Ketua Dewan Wali ICCTF, Endah Murniningtyas mengapresiasi adanya bantuan kerja sama dari AS tersebut.

Menurutnya hal ini dapat meningkatkan peranan kedua belah pihak dalam mengantisipasi dampak adanya perubahan iklim tersebut. (skd)