Klasemen Liga Jerman: Bayern batal juara gara-gara FSV Mainz

id liga jerman,klasemen liga jerman,bayern muenchen,mainz,leipzig,dortmund,leverkusen,wolfsburg,frankfurt,gladbach,union be

Klasemen Liga Jerman: Bayern batal juara gara-gara FSV Mainz

Ekspresi kecewa pemain Bayern Muenchen Thomas Mueller (kanan) dan Leon Goretzka setelah timnya batal mengunci gelar juara Liga Jerman setelah dikalahkan FSV Mainz di Stadion Opel Arena, Mainz, Jerman, Sabtu (24/4/2021). (ANTARA/REUTERS/Kai Pfaffenbach)

Jakarta (ANTARA) - Bayern Muenchen batal mengunci gelar juara Liga Jerman pada rangkaian laga pekan ke-31 gara-gara FSV Mainz yang rampung digelar Senin dini hari WIB.

Tiba dengan modal gemilang berupa tujuh kemenangan beruntun kontra Mainz, selalu menang dalam delapan lawatan terakhir di Opel Arena serta kembalinya Robert Lewandowski dari cedera lutut, Bayern malah menelan kekalahan 1-2 dari tuan rumah pada Sabtu (24/4) kemarin.

Hasil itu dimanfaatkan oleh tim posisi kedua RB Leipzig yang pada Minggu (25/4) malam tadi mampu menundukkan VfB Stuttgart 2-0 di Red Bull Arena.

Bayern tetap menduduki posisi puncak dengan koleksi 71 poin, tetapi keunggulan mereka terpangkas jadi hanya tersisa tujuh poin dari Leipzig.

Itu semua jelas tidak membuat situasi jadi amat sangat buruk bagi Bayern, sebab selepas jeda sepekan ke depan karena penerapan karantina ketat dari DFL, tim besutan Hansi Flick itu cukup memetik hasil imbang kala menjamu Borussia Moenchengladbach pada 8 Mei nanti untuk betul-betul mengunci gelar juara liga.

Perebutan empat besar memanas

Sementara itu perebutan empat besar klasemen memanas setelah hasil-hasil laga pekan ke-31.

Borussia Dortmund pada Sabtu (24/4) malam mampu mengalahkan VfL Wolfsburg dengan skor 2-0 berkat dwigol Erling Haaland saat melawat ke Volkswagen Arena.

Beberapa jam berselang, Bayer Leverkusen sukses menaklukkan tim peringkat keempat Eintracht Frankfurt dengan skor meyakinkan 3-1 di BayArena, pada Minggu (25/4) dini hari WIB.

Wolfsburg dan Frankfurt masih menduduki posisi ketiga dan keempat, tetapi mereka kini terancam disalip Dortmund atau bahkan Leverkusen dalam tiga pertandingan penutup musim.

Sebab Dortmund yang mengoleksi 55 poin di posisi kelima kini hanya tertinggal dua poin dari Wolfsburg dan satu poin dari Frankfurt.

Sedangkan Leverkusen yang menempati urutan keenam memelihara kans untuk menembus empat besar yang hanya berjarak enam poin jauhnya.

Di sisi lain, Leverkusen masih dibayangi Borussia Moenchengladbach dan Union Berlin terus menjaga asa untuk meraih tiket kompetisi Eropa setelah keduanya meraih kemenangan di pertandingan masing-masing.

Di papan bawah klasemen, FC Cologne meninggalkan zona degradasi setelah menang atas FC Augsburg dengan skor 3-2 pada Sabtu (24/4) dini hari WIB.

Cologne yang punya 29 poin naik ke urutan ke-16, bertukar tempat dengan Hertha Berlin (26) yang tiga pertandingan terakhirnya ditunda karena skuad mereka terjangkit COVID-19.

Berikut jadwal dan hasil Liga Jerman pekan ke-31 (dalam WIB, tuan rumah disebut pertama):

Sabtu (24/4) dini hari
FC Augsburg 2 - FC Cologne 3 (Robert Gumny 54', Ruben Vargas 62'; Ondrej Duda 8', 33', Florian Kainz 23')

Sabtu (24/4) malam
FSV Mainz 2 - Bayern Muenchen 1 (Jonathan Burkardt 3', Robin Quaison 37'; Robert Lewandowski 90+4')
SC Freiburg 1 - TSG Hoffenheim 1 (Vincenzo Grifo p-81'; Andrej Kramaric 40')
Union Berlin 3 - Werder Bremen 1 (Joel Pohjanpalo 50', 53', 67'; Theodor Gebre Selassie 82')
VfL Wolfsburg 0 - Borussia Dortmund 2 (Erling Haaland 12', 68')
Bayer Leverkusen 3 - Eintracht Frankfurt 1 (Leon Bailey 70', Lucas Alario 80', Kerem Demirbay 90+1'; Andre Silva 90')

Minggu (25/4) malam
RB Leipzig 2 - VfB Stuttgart 0 (Amadou Haidara 46', Emil Forsberg p-67')
Borussia Moenchengladbach 5 - Arminia Bielefeld 0 (Breel Embolo 6', 69', Marcus Thuram 15', Ramy Bensebaini p-18', Alassane Plea 84')

Ditunda
Schalke 04 vs Hertha Berlin

Klasemen Liga Jerman


Keterangan:
[D] sudah terdegradasi