Jalan Mamuju-Mamasa Tertutup Longsor

id jalan, longsor

Jalan Mamuju-Mamasa Tertutup Longsor

Ilustrasi (antaranews)

Mamuju,  (antarasulteng.com)- Jalan poros antara Kabupaten Mamuju menuju Kabupaten Mamasa, Provinsi Sulawesi Barat, tertutup longsor setelah hujan deras melanda wilayah itu dua pekan terakhir.

Pemantauan di Mamuju, Minggu, antrian panjang kendaraan menuju Kabupaten Mamasa, terjadi di Desa Uhailanu Kecamatan Aralle, Kabupaten Mamasa akibat longsor menutup jalan poros di daerah itu.

Frans salah seorang warga mengatakan, longsor terjadi akibat hujan deras mengguyur Kabupaten Mamasa yang terletak di atas pegunungan Sulbar sejak dua pekan terakhir.

Menurut dia longsor yang jatuh menutup jalan poros Desa Uhailanu disertai batuan membuat jalan sulit dilalui.

"Kendaraan alat berat pemerintah sementara terus bekerja mengevakuasi longsor yang cukup tebal menutup jalan, dan masyarakat masih sulit tembus dijalan itu," katanya.

Ia mengatakan, karena tertutup longsor maka masyarakat telah diminta untuk tidak melalui jalur tersebut dan mesti melintas melalui jalur menuju Kabupaten Polewali Mandar bila ingin menuju Kota Mamuju ibukota Provinsi Sulbar dari Kabupaten Mamasa atau sebaliknya.

"Sebaiknya masyarakat lewat di Polman, sampai jalan dapat dibuka, karena jalan tertutup longsor belum bisa dan dapat berbahaya dilalui," katanya.

Ia meminta pemerintah terus memantau jalur Mamuju menuju Mamasa karena rawan terjadi longsor apalagi ketika arus mudik masyarakat dapat terhambat bila hujan terjadi sehingga alat berat mesti disiagakan.(skd)