Bupati Sigi minta camat-kades verifikasi data penduduk

id pemkab sigi,bupati sigi,mohamad irwan lapatta,mohamad irwan,data kependudukan

Bupati Sigi  minta camat-kades verifikasi data penduduk

Bupati Sigi Mohamad Irwan memimpin rapat koordinasi pembahasan data kependudukan, di Sigi. (Dok Humas Setda Pemkab Sigi)

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Bupati Sigi, Sulawesi Tengah, Mohamad Irwan meminta para camat dan kepala desa di kabupaten itu agar melakukan verifikasi data jumlah penduduk untuk menjadi dasar pembangunan berbasis data.

"Iya, ini harus dilakukan secara terstruktur dan sistematis oleh semua pemerintah kecamatran dan desa serta perangkat daerah terkait," ucap Mohamad Irwan di Sigi, Selasa.

Bupati mengatakan data kependudukan perlu dibenahi untuk memastikan kevalidan data yang menjadi acuan dalam pelaksanaan pembangunan, utamanya menyangkut intervensi pemerintah terhadap masalah kemiskinan.

"Ada hal-hal yang memang perlu harus dikuatkan dan verifikasi seperti data yang ganda dan berulang-ulang," ujarnya.

Menurut dia, untuk menyelesaikan masalah menyangkut ketepatan dan kevalidan data kependudukan maka harus dilakukan validasi data di semua tingkatan desa dan kecamatan.

Oleh karena itu, kata Irwan, camat di semua wilayah kecamatan di Sigi harus berperan penting dalam mendorong dan mengontrol desa melakukan validasi dan verifikasi data kependudukan.

"Camat menjadi ujung tombak untuk memvalidasi data tersebut, olegh karena itu camat harus mendorong dan mengkoordinir desa untuk melakukan pembahasan mengenai data kependudukan melalui musyawarah desa," ujarnya.

Bupati menegaskan kepada camat agar memberikan sanksi bagi desa yang tidak melakukan musyawarah desa, sebab musyawarah desa menjadi kewajiban dalam ketentuan perundang-undangan tentang desa dan dana desa.

"Musyawarah desa sangat penting dilakukan oleh pemerintah desa, termasuk membahas data kependudukan, misalnya data warga yang telah meninggal. Desa harus punya perencanaan data kependudukan yang dibebankan pada anggaran desa," ujarnya.

Kevalidan dan keakuratan data kependudukan, lanjut Bupati, tidak hanya untuk kepentingan pembangunan daerah, melainkan juga untuk kepentingan pihak-pihak terkait seperti KPU dalam penyelenggaraan pemilihan umum.

"Sesuai keinginan pemerintah pusat dan KPU Pusat agar data kependudukan, utamanya menyangkut data warga yang telah memasuki usia wajib pilih untuk disinkronkan," ujarnya.
 
Bupati Sigi Mohamad Irwan memimpin rapat koordinasi pembahasan data kependudukan, di Sigi. (Dok Humas Setda Pemkab Sigi)
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar