Bupati Sigi minta Disdikbud optimalkan cetak generasi muda unggul

id Bupati Sigi,Pemkab Sigi,Mohamad Irwan,Disdikbud Sigi,SDM Sigi

Bupati Sigi  minta Disdikbud optimalkan cetak generasi muda unggul

Bupati Sigi Mohamad Irwan mengikuti rapat koordinasi bersama OPD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sigi. (Dok Humas Setda Pemkab Sigi)

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Bupati Sigi, Sulawesi Tengah, Mohamad Irwan meminta Dinas Pendidikan Kebudayaan (Disdikbud) di daerah itu agar mengoptimalkan pembangunan di bidang pembangunan sumber daya manusia (SDM) untuk mencetak generasi muda yang unggul dan berdaya saing.

"Dinas Pendidikan Kebudayaan bertanggung jawab penuh terhadap pembangunan SDM untuk mencerdaskan kehidupan bangsa," kata Irwan saat mengikuti rapat koordinasi dengan Disdikbud Sigi di Sigi, Rabu.

Bupati menekankan kepada Disdikbud agar menyangkut dengan pembangunan SDM harus menjadi prioritas utama dalam penyusunan kegiatan Disdikbud dalam rangka menindaklanjuti Pembukaan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 yang berbunyi tentang mencerdaskan kehidupan bangsa.

"Tujuan tersebut menggambarkan sebuah cita-cita luhur serta harapan negara dalam membangun sumber daya manusia yang unggul guna tercapainya kehidupan yang adil, makmur dan sejahtera," ujar Irwan.

Bupati minta Disdikbud agar bisa melakukan terobosan dalam pembangunan SDM yang diikutkan dengan inovasi dan kreativitas dalam menyusun program kegiatan.

Irwan menekankan program pembangunan SDM agar melihat dan disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat atau generasi muda, serta bisa menjawab tantangan yang dihadapi.

Langkah itu, menurut Bupati, sekaligus untuk menopang upaya pemerintah di tingkat kabupaten, provinsi dan nasional dalam meningkatkan indeks pembangunan manusia (IPM).

"Hal ini menjadi penting yang harus diperhatikan dan menjadi perhatian serius oleh Dinas Pendidikan," ujarnya.

Bupati mengatakan ketersediaan SDM yang unggul dan berdaya saing di masa kini dan akan datang menjadi modal besar pemerintah dalam memaksimalkan pembangunan yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

"Olehnya rakor ini sangat penting sebagai bentuk pengawasan terhadap kinerja para aparatur sipil negara (ASN) yang ada dan juga sebagai evaluasi program-program yang telah atau akan dilaksanakan nantinya seperti penyelesaian Pembuatan Peta Pendidikan dan program pendidikan lainnya," ungkap Mohamad Irwan.
 
Bupati Sigi Mohamad Irwan mengikuti rapat koordinasi bersama OPD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sigi. (Dok Humas Setda Pemkab Sigi)