Warga Sulut Saling Menghormati Umat Berpuasa

id puasa

Warga Sulut Saling Menghormati Umat Berpuasa

Ilustrasi (antaranews)

Kepada para pengurus dan tokoh-tokoh agama kiranya menjaga kerukunana antar umat beragama dan kita saling menghargai kepada mereka yang melaksanakan ibadah puasa
Manado,  (antarasulteng.com) - Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sulawesi Utara (Sulut) Gun Lapadengan  mengharapkan semua warga di Sulut saling menghormati dan saling menghargai kepada umat muslim sedang melaksanakan ibadah puasa.

"Kepada para pengurus dan tokoh-tokoh agama kiranya  menjaga kerukunana antar umat beragama dan kita saling menghargai kepada mereka yang melaksanakan ibadah puasa, "kata Gun Lapadengan di Manado, Jumat.

Mudah-mudahan ibadah puasa yang sementara dilakukan saat ini akan diamalkan dan tujan akhir menjadi manusia takwa kepada tuhan yang maha kuasa, kata Lapadengan selaku pembina kemasyarakatan  di daerah tersebut.

Diharapkan kepada seluruh masyarakat Sulut  menjaga keamanan dan ketertiban, terutama dalam menghadapi hari raya Idul Fitri tidak lama lagi dilaksanakan dan kerukunan umat beragama semakin solid.

Seluruh umat bergama di daerah ini bersama dengan kaum muslimin menjaga tempat-tempat ibadah, tempat sholat ied, sebagaimana kebiasaan dilakukan disetiap ada perayaan hari raya dari masing-masing agamake terlibat langsung menjaga merayakan Idul Fitri, dijaga umat Kristen, Katolik, Hindu dan Budha, begitu juga sebaliknya pada perayaan Natal dijaga umat Islam, Hindu dan Budha, juga sebaliknya pada perayaan umat Hindu dan Budha saling menjaga.

Khusus menghadapi malam takbiran nanti, kata Lapadengan, diharapkan seluruh masyarakat sulut menjaga stabiltas, dan umat beragama lain bisa bergabung tentunya sebagai bagian dari bentuk kebersamaan mengikuti pawai malam takbiran.

Tentunya para petugas keamanan dalam menghadapi situasi malam takbiran dan pada hari pelaksanaan perayaan Idul Fitri supaya tingkatkan kewaspadaan agar tidak disusupi kelompok-kelompok dapat merasahkan masyarakat.

Peserta pawai malam takbiran agar patuhi aturan lalulintas misalkan pengguna kendaraan motor roda dua memakai helm pengaman kepala dan pengguna kendaraan roda empat supaya tertib tidak acak-acakan berdiri dan sebagainya agar terhindar dari kecelakaan lalulintas, kata Lapadengan.

Mengenai ketersediaan bahan kebutuhan pokok selama bulan ramadhan dan menjelang perayaan Idul Fitri 1436 Hijriah, menurut Lapadengan sesuai hasil raat evaluasi instansi tersebut menunjukan cukup tersedia dan harga terjangkau.

Diharapkan harga bahan kebutuhan pokok itu tetap stabil  menjelang perayaan Idul Fitri sehingga tidak akan meresahkan masyarakat, kata Lapadengan.Hindu dan Budha. (skd)