IAIN Palu turunkan 259 mahasiswa jalani KKN pada Ramadhan

id rektor iain palu,iain palu,prof sagaf pettalongi,kkn ,mahasiswa kkn

IAIN Palu turunkan 259 mahasiswa  jalani KKN pada Ramadhan

Rektor IAIN Palu Sagaf S. Pettalongi menyampaikan sambutan pembekalan mahasiswa KKN sekaligus pelepasan mahasiswa KKN Angkatan VIII Gelombang II Tahun 2021, Kamis (29/4/2021). (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Palu (ANTARA) - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Sulawesi Tengah, menurunkan 259 mahasiswa dari empat fakultas untuk menjalani Kuliah Kerja Nyata (KKN) di bulan Ramadhan 1442 Hijriah.

"Peserta KKN Angkatan VIII Gelombang II Tahun 2021 akan menjalani KKN selama tiga puluh hari," ucap Ketua Lembaga Penelitian Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) IAIN Palu Iskandar di Palu, Kamis.

Iskandar mengemukakan 259 peserta KKN itu mulai menjalani kegiatan pada 30 April sampai dengan 30 Mei 2021.

"Iya, mulai Bbulan Puasa atau bulan Ramadhan ini mereka sudah melakukan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan muatan dalam KKN," katanya.

Ia menyebut pandemi COVID-19 menjadi tantangan serius pelaksanaan KKN. KKN didesain dalam konsep KKN dari rumah atau kampung masing-masing peserta.

"Ada tiga muatan dalam pelaksanaan KKN dari rumah di masa pandemi COVID-19 ini yakni KKN dari rumah berbasis media sosial, KKN dari rumah berbasis pengabdian masyarakat dan KKN dari rumah berbasis produktivitas keilmuan," katanya.

Ia menjelaskan KKN dari rumah berbasis media sosial, peserta dituntut membuat satu produk digital berupa satu video yang dipublikasikan di tiga platform media sosial, yakni Youtube, Instagram, dan Facebook.

Untuk KKN dari rumah berbasis pengabdian masyarakat, yakni peserta dituntut melaksanakan penyuluhan, sosialisasi, pelatihan atau bimbingan di lingkungan sekitar tempat tinggal, sedangkan KKN dari rumah berbasis produktivitas keilmuan yakni menulis satu artikel ilmiah hasil kegiatan pengabdian masyarakat.

"Terkait dengan muatan itu telah disampaikan kepada peserta dalam pembekalan KKN," ujarnya.

LP2M melibatkan 20 dosen sebagai pembimbing lapangan KKN Angkatan VIII Gelombang II.

Rektor IAIN Palu Sagaf S. Pettalongi mengemukakan mahasiswa harus mengikuti KKN dari rumah yang telah dirancang oleh LP2M, karena KKN menjadi satu syarat akademik meraih gelar sarjana.

Ia berharap mahasiswa menjalankan seluruh ketentuan dan muatan KKN yang telah disusun LP2M agar mendapat nilai yang baik.

"KKN menjadi satu syarat untuk meraih gelar sarjana yang wajib diikuti oleh mahasiswa," katanya.

Ia menambahkan seyogianya KKN dilaksanakaan di desa-desa di 12 kabupaten dan satu kota di Sulteng. Namun, karena pandemi COVID-19, modelnya diubah untuk mencegah penularan COVID-19.

"Hal ini untuk keselamatan dan kesehatan kita bersama," katanya.
Ketua LP2M Iskandar menyampaikan laporan pada pembekalan mahasiswa KKN sekaligus pelepasan mahasiswa KKN Angkatan VIII Gelombang II Tahun 2021, di Palu, Kamis. (ANTARA/Muhammad Hajiji)