Pemerintah Tetapkan Sigi Sentra Pengembangan Sapi Potong

id agus, lamakarate

Pemerintah Tetapkan Sigi Sentra Pengembangan Sapi Potong

Agus Lamakarate (facebook.com)

Kami bertekat menyukseskan program tetsebut dan optimistis program itu berhasil karena Kabupaten Sigi masih memiliki potensi lahan untuk pengembangan usaha peternakan sapi potong yang cukup luas
Palu,  (antarasulteng.com) - Kepala Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Agus Lamakarate mengatakan bahwa Pemerintah Pusat telah menetapkan Kabupaten Sigi sebagai daerah sentra nasional untuk pengembangan sapi potong.

"Kami bertekat menyukseskan program tetsebut dan optimistis program itu berhasil karena Kabupaten Sigi masih memiliki potensi lahan untuk pengembangan usaha peternakan sapi potong yang cukup luas," kata Agus Lamakarate di Palu, Jumat.

Ia tidak merinci, kecuali mengatakan lahan pakan yang tersediapun cukup luas tersebar di 15 kecamatan di Kabupaten Sigi.

Menurut dia, jika program pemerintah pusat dan daerah dimaksud mendapat dukungan penuh masyarakat, niscaya Sigi menjadi sentra produksi ternak sapi potong yang juga akan memberikan konstribusi besar terhadap pencapaian swasembada daging nasional.

Agus juga mengatakan populasi ternak sapi di Kabupaten Sigi pada tahun 2013 sekitar 26 ribu ekor dan meningkat menjadai 28.131 ribu ekor (2014).

Pada tahun 2015 ini Pemkab Sigi yakin populasi ternak sapi di daerah itu akan meningkat mencapai 30 ribu ekor. ***3***



(T.BK03/B/F002/F002) 10-07-2015 08:51:16