Sulawesi Tengah bisa penuhi kebutuhan daging sapi dari peternak lokal

id sapi, sulteng, lebaran

Sulawesi Tengah bisa penuhi kebutuhan daging sapi dari peternak lokal

Sulteng penuhi sendiri kebutuhan daging sapi.(Antara/Anas Masa)

Termasuk untuk kebutuhan hari raya Idul Fitri 2021 ini
Palu (ANTARA) - Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) selama ini bisa memenuhi sendiri kebutuhan daging masyarakat di daerah itu dengan produksi peternakan lokal.

"Termasuk untuk kebutuhan hari raya Idul Fitri 2021 ini," kata Kepala Dinas Badan Ketahanan Pangan Provinsi Sulteng, Abdullah Kawulusan di Palu, Senin.

Ia menjelaskan pengembangan peternakan sapi potong di Sulteng dilakukan di seluruh kabupaten dan kota di provinsi tersebut.

Peternakan sapi potong terbesar di Sulteng, kata Abdullah Kawulusan, yakni Kabupaten Banggai.

Kabupaten Banggai merupakan daerah sentra pengembangan dan produksi ternak sapi potong di provinsi ini sehingga dalam memenuhi kebutuhan pasar, termasuk hari-hari raya keagamaan seperti Idul Fitri dan Idul Adha, Sulteng tidak mendatangkan dari luar daerah.

"Kita mampu memenuhi sendiri permintaan pasar," kata Abdullah.

Menghadapi Lebaran, masyarakat Sulteng tidak perlu khawatir kekurangan daging sapi sebab stok cukup memadai.

"Hanya saja memang setiap menjelang hari raya, biasanya harga daging sapi segar di pasaran bergerak naik, tetapi masih dalam batas kewajaran," ujarnya.

Syahril, seorang pedagang sapi potong di Palu menjamin masyarakat tidak kekurangan daging sapi, sebab stok ternak potong yang disiapkan cukup memadai.

"Saya sendiri setiap Lebaran menyediakan ternak sapi potong sampai 70 ekor," katanya.

Ternak sapi potong yang dijual di pasaran Kota Palu selama ini didatangkan dari beberapa daerah penghasil sapi di Sulteng seperti Kabupaten Donggala, Sigi, dan dalam wilayah Palu.

Harga daging sapi saat ini di pasaran rata-rata Rp110.000/kg. "Tapi menjelang hari raya, biasanya naik hingga Rp120.000/kg," kata Syahril.

Pantauan di Pasar Masomba, salah satu pusat perbelanjaan di Palu, stok daging sapi cukup tersedia dalam jumlah memadai dan harganyapun relatif stabil.
Pewarta :
Uploader : Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar