Bupati Sigi: Pengentasan stunting butuh peran semua pihak

id bupati sigi,pemkab sigi,mohamad irwan,stunting sigi,kekerdilan sigi

Bupati Sigi:  Pengentasan stunting butuh peran semua pihak

Bupati Sigi Mohamad Irwan (kanan) menandatangani komitmen bersama pencegahan dan penurunan stunting, di Sigi, Senin. (Dok Pemkab Sigi)

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Bupati Sigi Mohamad Irwan mengemukakan pengentasan stunting membutuhkan peran semua pihak yang ada di Sigi untuk berkomitmen menjamin tumbuh kembang anak dengan baik.

"Harus ada kerja sama dan komitmen dari semua pihak untuk bersama-sama menjamin tumbuh kembang anak dengan baik, sebagai salah satu cara mencegah stunting," ucap Mohamad Irwan di Sigi, Senin.

Mohamad Irwan memberikan gambaran bahwa keterlibatan semua pihak dalam penyelenggaraan pembangunan termasuk dalam pencegahan dan pengentasan stunting, digambar dalam konsep pentahelix.

Sesuai dengan konsep itu, ujar dia, maka untuk mencapai target penurunan prevalensi stunting yang paling utama dibutuhkan adalah komitmen bersama multipihak meliputi pemerintah, akademisi, media, juga termasuk pelaku usaha dan yang terutama adalah komunitas masyarakat itu sendiri.

Pemkab Sigi saat ini melaksanakan rembuk stunting dalam rangka penyusunan aksi penurunan dan pencegahan stunting di Kabupaten Sigi tahun 2021, yang mengangkat tema "membangun komitmen bersama untuk Kabupaten Sigi bebas stunting".

Bupati berharap rembuk stunting itu benar-benar bisa melahirkan satu komitmen bersama dan keseriusan semua pihak dalam mencegah stunting, diawali dengan pemenuhan gizi yang layak kepada anak.

"Pencegahan stunting kini menjadi salah satu fokus pemerintah karena berpengaruh terhadap kualitas SDM dalam daya saing bangsa," ujarnya.

Pemkab Sigi saat ini sedang membuat satu aplikasi pencatatan dan pelaporan gizi berbasis masyarakat. Pemkab Sigi menargetkan adanya penurunan kasus stunting dengan melibatkan semua pihak dalam kegiatan intervensi pencegahan stunting.

"Komitmen ini harus dilakukan sampai ke tingkat desa khususnya oleh kepala desa melalui pengalokasian dana desa untuk mendukung aksi tersebut," sebutnya.

Bupati menambahkan intervensi penurunan stunting lewat skema pemberian gizi yang layak, harus didukung oleh desa dengan mengalokasikan dana desa dalam setiap kegiatan penurunan stunting.
Foto bersama Bupati Sigi Mohamad Irwan bersama forkompimda dalam rembuk stunting untuk membangun komitmen bersama pencegahan dan penurunan stunting, di Sigi, Senin. (Dok Pemkab Sigi)
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar