Empat Bacagub Sulteng Mungkin Mendaftar Ke KPUD

id kpu

Empat Bacagub Sulteng Mungkin Mendaftar Ke KPUD

KPU (antaranews)

Semua dalam proses. Belum ada penetapan, kita tunggu keputusan DPP
Palu,  (antarasulteng.com) - Diperkirakan sebanyak empat pasangan bakal calon gubernur/wakil gubernur Sulawesi Tengah mendaftar ke KPU setempat untuk bertarung dalam pemilihan kepala daerah serentak pada Desember 2015.

Empat bakal calon tersebut adalah Longki Djanggola/Sudarto, Rusdy Mastura/Ihwan Datu Adam, Muhammad Ali/Ruly Lamadjido dan Salim Segaf Aljufri/Ahmad Yahya, kata Soraya Sultan dari Badan Pemenangan Pemilu PDIP Sulawesi Tengah di Palu, Minggu.

Dia mengatakan, partainya sudah merekomendasikan Muhammad Ali berpasangan dengan Ruly Lamadjido untuk diusung menjadi bakal calon gubernur Sulawesi Tengah.

"PDIP meminta supaya Muhammad Ali mengkonsolidasikan dengan partai koalisi dan itu sudah dilakukan dengan Nasdem," kata Soraya.

PDIP memiliki enam kursi dan Nasdem lima kursi dari 45 kursi di DPRD Provinsi sehingga memenuhi syarat untuk mengusung satu pasangan bakal calon kepala daerah.

Legislator DPRD Donggala itu mengatakan, sudah dipastikan PDIP final mengusung Muhammad Ali/Ruly Lamadjido dan sudah memenuhi syarat sesuai ketentuan.

Dihubungi terpisah Sekretaris DPD Demokrat Sulawesi Tengah Talitti Paluge mengatakan, Demokrat hingga kini belum memberikan rekomendasi kepada siapapun sehingga konstalasi politik bisa saja berubah dalam waktu sekejap.

"Semua dalam proses. Belum ada penetapan, kita tunggu keputusan DPP," katanya.

Talitti mengakui terhadap kemungkinan pasangan Mantan Mensos era Susilo Bambang Yudhoyono, Salim Segaf Aljufri dari PKS berpasangan dengan Ahmad Yahya, mantan Ketua DPD Demokrat Sulawesi Tengah.

"Bisa kemungkinan itu terjadi (Salim Segaf/Ahmad Yahya). Ini politik bisa saja ada perubahan pada injuri time," katanya.

Sikap PKS

Sementara itu Ketua DPW PKS Sulawesi Tengah Zainuddin Tambuala mengatakan, hingga kini PKS belum mengeluarkan rekomendasi kepada siapun.

Zainuddin mengatakan, dirinya belum mendapat kabar terkait kemungkinan pasangan Salim Segaf dengan Ahmad Yahya. "Kita masih menunggu keputusan DPP," katanya.

Selain dua kemungkinan pasangan bakal calon tersebut, pasangan Longki Djanggola/Sudarto sudah dipastiikan akan diusung Gerindra, PAN dan PBB.

Pasangan ini rencananya akan mendeklarasikan diri menjadi calon gubernur dan calon wakil gubernur pada 27 Juli di Palu. Setelah itu dilanjutkan dengan pendaftaran di KPU Provinsi.

Sementara Rusdy Mastura/Ihwan Datu Adam, akan diusung Golkar dan koalisinya.

Ihwan Datu Adam mengakui dirinya bersama Rusdy Mastura akan diusung Golkar dan sementara dalam proses negosiasi dengan Partai Demokrat. (skd)