Olahraga 45 Menit Mampu Kurangi Risiko Kanker Payudara

id payudara

Olahraga 45 Menit Mampu Kurangi Risiko Kanker Payudara

Ilusrasi (ANTARA)

Hubungan antara aktivitas fisik dan risiko kanker payudara pada perempuan setelah menopause didukung oleh lebih dari 100 studi epidemiologis
Jakarta (antarasulteng.com) - Olahraga selama 45 menit per hari bisa membakar lemak dalam tubuh dan mengurangi risiko terkena kanker payudara, terutama pada perempuan yang telah menopause. 

Ahli kesehatan mengatakan lemak tubuh pada perempuan yang telah menopause merupakan faktor terbesar munculnya kanker payudara. 

"Hubungan antara aktivitas fisik dan risiko kanker payudara pada perempuan setelah menopause didukung oleh lebih dari 100 studi epidemiologis," kata peneliti, Dr. Friedenreich dalam studi yang dipublikasikan dalam jurnal JAMA Oncology. 

Menurut mereka, berbagai aktivitas aerobik yang bisa meningkatkan denyut jantung 65 -75 persen, termasuk berjalan, bersepeda dan berlari, diperbolehkan. 

Sebelumnya, para ahli merekomendasikan para perempuan melakukan olahraga setidaknya 150 menit per minggu untuk mencegah terkena kanker payudara. 

Peningkatan durasi olahraga hingga 300 menit per minggu, terutama pada mereka yang menderita obesitas mampu mengurangi lemak tubuh lebih banyak, yakni satu kilogram atau satu persen lemak tubuh. 

Tak hanya itu, lemak di bagian perut, pinggang dan indeks massa tubuh juga diketahui menurun pada perempuan yang melakukan olahraga 300 menit per minggu. 

"Temuan kami mengenai efek olahraga pada total massa lemak tubuh terutama perut, untuk perempuan obesitas, bisa mendorong mereka melakukan olahraga setidaknya 300 menit per minggu, lebih lama dari rekomendasi minimum untuk mencegah kanker," tutur Friedenreich seperti dilansir Mirror.co.uk. (skd)