Hujan lebat diprakirakan melanda beberapa wilayah di Indonesia

id BMKG,cuaca Indonesia,hujan lebat

Hujan lebat diprakirakan melanda beberapa wilayah di Indonesia

Tampilan aplikasi Sistem Layanan Informasi Cuaca Penerbangan-Maritim (SIAM) yang diluncurkan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) di Jakarta, Selasa (27/4/2021). (ANTARA/Devi Nindy)

Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang melanda beberapa daerah di Indonesia.

Berdasarkan data yang dihimpun ANTARA dari laman resmi BMKG, Jakarta, Rabu, daerah-daerah yang berpotensi mengalami cuaca tersebut adalah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, dan Banten.

Cuaca itu juga diprakirakan dialami oleh Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Tenggara.

Sementara, wilayah yang berpotensi hujan yang dapat disertai kilat/petir angin kencang terdapat di Kepulauan Riau, DKI Jakarta, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Selatan.

BMKG juga memberikan peringatan gelombang tinggi yakni 2,5-4 meter di Perairan Barat Kepulauan Mentawai, Perairan Barat Pulau Enggano - Lampung, Selat Sunda bagian Selatan dan Barat, Samudera Hindia Barat Kepulauan Mentawai hingga Lampung, Perairan Selatan Jawa hingga Sumba, Selat Bali - Lombok - Alas bagian Selatan, dan Samudera Hindia Selatan Jawa hingga Nusa Tenggara Timur.

Oleh sebab itu, BMKG mengimbau untuk memperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran, yakni pada perahu nelayan, kapal tongkang, kapal Ferry, dan kapal ukuran besar seperti kapal kargo/kapal pesiar.

Masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi juga diimbau untuk tetap selalu waspada.