Australia bujuk Moderna Inc untuk bangun manufaktur vaksin di dalam negeri

id australia,moderna,vaksin covid 19,teknologi mRNA,vaksinasi australia

Australia bujuk Moderna Inc untuk bangun manufaktur vaksin di dalam negeri

Perdana Menteri Australia Scott Morrison menerima vaksinasi COVID-19 di Castle Hill Medical Center untuk melihat pratinjau program vaksinasi COVID-19, di Sydney, Australia (21/2/2021). ANTARA/REUTERS/AAP Image/Joel Carrett/aa. (REUTERS/STRINGER)

Sydney (ANTARA) - Australia sedang dalam "pembicaraan aktif" dengan Moderna Inc, untuk mendirikan fasilitas manufaktur domestik untuk vaksin COVID-19, kata Menteri Kesehatan Greg Hunt pada Kamis, sehari setelah mendapatkan 25 juta dosis vaksin dari perusahaan tersebut.

Pemerintah Australia akan mencari minat dari pasar untuk mengembangkan fasilitas untuk memproduksi vaksin menggunakan messenger ribonucleic acid (mRNA), sebuah teknologi molekuler tertentu, kata Hunt kepada wartawan di Canberra.

Dia mengatakan pemerintah "sudah aktif berdiskusi dengan Moderna sebagai calon yang mungkin".

Moderna pada Rabu (12/5) mengatakan akan memasok 10 juta dosis vaksin untuk Australia. Vaksin tersebut dirancang untuk melindungi orang-orang dari jenis asli virus corona tahun ini, dan 15 juta dosis suntikan penguat varian yang diperbarui pada 2022.

Moderna, bersama dengan saingannya Pfizer Inc, menggunakan teknologi mRNA dalam vaksin COVID-19. Australia saat ini menyebarkan suntikan vaksin Pfizer dan AstraZeneca dalam upaya imunisasi, yang telah meleset dari target dosis awalnya.

Pihak berwenang telah membatasi penggunaan vaksin AstraZeneca, yang diproduksi secara lokal dan merupakan andalan penggerak inokulasi negara itu, pada orang-orang di bawah 50 tahun karena kasus penggumpalan darah yang jarang terjadi.

Beberapa negara mencoba untuk mendapatkan lebih banyak vaksin COVID-19 dari Pfizer dan Moderna karena sejauh ini tidak ada efek samping utama yang teridentifikasi di antara penerima vaksin.

"Manufaktur di dalam negeri akan memastikan pasokan jangka panjang yang aman dari vaksin berbasis mRNA Moderna melawan COVID-19, termasuk varian, dan potensi pandemi di masa depan," kata Perdana Menteri Australia Scott Morrison dalam sebuah pernyataan.

Australia bernasib jauh lebih baik daripada banyak negara maju lainnya dalam menjaga angka infeksi COVID-19 relatif rendah, dengan lebih dari 29.900 kasus dan 910 kematian.

Tetapi program inokulasinya telah menghadapi beberapa hambatan, dengan lebih dari 2,81 juta suntikan vaksin total telah diberikan hingga Selasa (11/5), jauh dari 4 juta dosis yang dijanjikan pada akhir Maret.

Sumber: Reuters