Khatib Shalat Id ajak masyarakat bersatu bangun kembali Mamuju pascagempa

id Shalat Id

Khatib Shalat Id ajak masyarakat bersatu bangun kembali Mamuju pascagempa

Pelaksanaan Shalat Idul Fitri di anjungan Pantai Manakarra Kota Mamuju diikuti ribuan umat Muslim berlangsung khidmat dalam cuaca cerah, (13/05/2021) ANTARA Foto/M Faisal Hanapi

Mamuju (ANTARA) - Khatib Shalat Idul Fitri 1442 Hijriah di Kabupaten Mamuju ibukota Provinsi Sulawesi Barat, mengajak masyarakat bersatu membangun kembali Mamuju setelah dilanda bencana gempa bumi.

"Allah SWT sedang menguji hambanya di Mamuju dengan diberikan bencana gempa, namun bencana itu mesti dihadapi dengan sabar karena Allah SWT menjanjikan kegembiraan bagi ummatnya yang sabar," kata Khatib Shalat Idul Fitri di anjungan Pantai Manakarra Mamuju, Mahyuddin Abdullah, Kamis.

Mahyuddin yang juga Ketua STAI Mamuju itu mengatakan akan ada kebaikan setelah bencana yang menimpa daerah ini baik itu bencana gempa maupun pandemi COVID-19 sehingga umat bersabar dan bersatu membangun kembali Mamuju.

"Mental dan spiritual bangsa ini harus dibangun bukan cuma infrastruktur, generasi yang dibangun bukan hanya memiliki ilmu pengetahuan dan teknologi tetapi yang memiliki sikap Istiqomah mengamalkan kebajikan, mari bersama bangkit dari bencana ini bersatu membangun Mamuju," katanya.

Menurut dia, tinggalkan perbedaan hanya karena urusan politik, jadikan inspirasi Nabi Nuh yang kreatif karena telah menciptakan perahu sebagai teladan karena inspirasinya, sampai saat ini menjadi inspirasi seluruh umat manusia di dunia membuat perahu dalam melakukan transportasi.

Selain harus kreatif juga edukatif sehingga seluruh warga juga harus berubah dengan memajukan pendidikan, dan seluruh elemen harus dilibatkan memajukan Mamuju.

"Mamuju harus menciptakan Tahfidz Alquran, dan harus membuat masyarakat seluruhnya sehat, karena dengan menjadi semakin dicintai Allah SWT," kata Mahyuddin yang juga Anggota DPRD Mamuju.

Ia meminta masyarakat Mamuju bersama dan membantu pemerintah menata dan memperindah kota agar bebas banjir dengan membangun drainase, membangun sarana air bersih, armada pemadam dan armada kebersihan.

"Mamuju harus diciptakan nyaman dan indah agar tamu tamu nyaman ke Mamuju, karena manusia yang mulia di sisinya dari manusia yang memuliakan tamunya," katanya.

Pelaksanaan Shalat Idul Fitri di anjungan Pantai Manakarra KoKota Mamuju diikuti ribuan umat Muslim berlangsung khidmat dalam cuaca cerah.