Banjir hantui warga Mamuju akibat hujan deras yang mengguyur

id Banjir Mamuju

Banjir hantui warga Mamuju akibat hujan deras yang mengguyur

Wakil Bupati Mamuju Ado Masud meninjau lokasi banjir akibat drainase meluap di Mamuju, (17/05/2021) ANTARA Foto/M Faisal Hanapi

Mamuju (ANTARA) - Banjir yang sering terjadi akibat hujan deras mengguyur menghantui warga di sejumlah wilayah Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat(Sulbar).

"Banjir terus menghantui warga dalam sebulan ini karena menggenangi permukiman warga," kata warga di kompleks BTN Ampi Kota Mamuju, Nirwansah di Mamuju, Selasa.

Ia mengatakan, banjir telah beberapa kali merendam pemukiman warga hingga setinggi lutut orang dewasa dalam sebulan terakhir.

"Buruknya drainase di Mamuju membuat banjir terjadi, sehingga permukiman warga terendam, ini harus menjadi perhatian pemerintah untuk ditanggulangi," katanya.

Menurut dia, selain warga BTN Ampi banjir juga beberapa kali merendam pemukiman warga di perumahan kompleks Pemda Mamuju.

"Banjir sudah seperti langganan dan mengganggu aktivitas warga, karena barang berharga miliknya dirusak banjir," kata dia.

Ia mengaku, trauma karena pada awal 2017 banjir besar melanda Kota Mamuju, mengakibatkan sejumlah rumah hanyut dan ribuan rumah terendam sehingga tidak bisa beristirahat dengan tenang.

Sementara itu Wakil Bupati Mamuju Ado Masud, mengatakan, akan melakukan koordinasi bersama dengan pihak terkait dalam rangka penanganan banjir tersebut.

"Akan dicarikan solusi penanganan bersama, dan akan dipanggil pihak terkait," ujarnya.