Menkominfo: Masyarakat pahami dasar gerakan Kebangkitan Nasional

id kebangkitan nasional 113, kebangkitan nasional, menkominfo, menteri komunikasi dan informatika, johnny g. plate, kemente

Menkominfo: Masyarakat pahami dasar gerakan Kebangkitan Nasional

Menkominfo Johnny G. Plate saat menjadi Inspektur Upacara Bendera Peringatan ke-113 Hari Kebangkitan Nasional di Kantor Kementerian Kominfo Jakarta, Kamis (20/05/2021). (ANTARA/HO/Kementerian Komunikasi dan Informatika)

Tiga hal di atas merupakan substansi makna kebangkitan nasional yang harus terus dipertahankan dan diaktualisasikan lintas generasi, senantiasa diterapkan dalam kerangka dinamis sesuai konteks zamannya

Jakarta (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengajak masyarakat untuk memahami dasar gerakan Kebangkitan Nasional untuk tetap menjaga semangat dari gerakan yang tengah diperingati ke-113 kalinya dan jatuh pada hari ini 20 Mei 2021.

Ada pun dasar gerakan Kebangkitan Nasional terdiri dari tiga agenda yaitu cita-cita untuk memerdekakan kemanusiaan, memajukan nusa dan bangsa, serta mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia.

“Tiga hal di atas merupakan substansi makna kebangkitan nasional yang harus terus dipertahankan dan diaktualisasikan lintas generasi, senantiasa diterapkan dalam kerangka dinamis sesuai konteks zamannya,” kata Johnny dalam keterangannya, Kamis.

Di era usai reformasi dan era digital kini, semangat Kebangkitan Nasional diilhami sebagai semangat pengelolaan negara yang lebih terbuka dan demokratis.

Ia menegaskan Hari Kebangkitan Nasional diharapkan tidak hanya dijadikan seremonial untuk mengenang sejarah tapi perlu diwujudkan untuk praktik berbangsa dan bernegara dengan lebih baik.

Seiring dengan kondisi pandemi COVID-19 yang masih berjalan, diharapkan juga momentum Kebangkitan Nasional dapat menggalang semangat kebangkitan Indonesia sebagai bangsa yang tangguh. 

Tidak hanya itu, momen itu juga diharapkan menjadi pengingat bagi masyarakat Indonesia menjaga kesatuan dan persatuan bangsa di tengah banyaknya arus informasi dan pengaruh yang tidak baik dari konten- konten negatif yang jadi tantangan untuk kesatuan Indonesia.

“Mari kita manfaatkan ruang digital secara tepat dan secara bijak. Katakan tidak pada segala jenis hoaks, jenis ujaran kebencian, dan berbagai jenis penyalahgunaan ruang digital yang mencederai semangat persatuan dan kesatuan kita sebagai bangsa dan diisi dengan hal-hal yang bermanfaat untuk kemajuan ekonomi secara khusus ekonomi digital yang berkembang dari waktu ke waktu,” ungkapnya.

Pemanfaatan teknologi di tengah pandemi COVID-19 pun didorong ke arah pemulihan ekonomi nasional Indonesia melalui ekonomi digital.

Johnny menyebutkan pertumbuhan ekonomi digital di masa pandemi COVID-19 diproyeksikan tumbuh hingga 33,2 persen dari tahun 2020. Diharapkan di 2021 pertumbuhan ekonomi digital mencapai Rp337 triliun setelah pada 2020 berhasil mencapai Rp253 triliun.

Oleh karena itu, diharapkan momen peringatan Kebangkitan Nasional ke- 113 dapat juga dijadikan sebagai momen pemulihan ekonomi bangsa dengan lebih optimal di masa pandemi.
 

Pewarta :
Uploader : Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar