Unsrat Ditantang Ciptakan Pemimpin Konsisten

id sinyo

Unsrat Ditantang Ciptakan Pemimpin Konsisten

Dr Sinyo Harry Sarundajang (Andika Wahyu)

Manado,  (antarasulteng.com) - Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Dr Sinyo Harry Sarundajang mengatakan Universitas Samratulangi (Unsrat) Manado ditantang jadi partner pemerintah dalam menciptakan kader-kader pemimpin handal, unggul serta konsisten dalam membuat terobosan ataupun inovasi baru.

Tantangan tersebut disampaikan Gubernur Sarundajang pada acara wisuda bagi 1.040 lulusan program sarjana, profesi, magister, program pendidikan dokter spesialis 1 (PPDSP1) serta doktor, di Auditorium Unsrat Manado, Kamis.

Gubernur Sarundajang mengharapkan agar segenap civitas akademika dapat menjawab tantangan arus global dalam menghasilkan sumber daya manusia unggul yang mahir dan cakap sehingga menjadi pribadi sanggup bertindak dalam aspek pemecahan masalah (problem solver) bukan hanya dari sisi intelektual semata.

Menurut Gubernur Sarundajang, juga alumnus Unsrat, arti kelulusan dari proses belajar mengajar  adalah puncak karya akademik. Sehingga para wisudawan ini telah dibekali kompetensi untuk melangkah ke tahap selanjutnya dalam menjawab tantangan zaman semakin kompetitif.

Sebab itu dituntut sumber daya manusia harus berkualitas, berdaya saing profesional dalam bidangnya dengan dilandasi nilai-nilsi luhur dari warisan budaya bangsa guna memenuhi tuntutan pasar kerja lokal, nasional, regional maupun internasional.

Lebih jauh dipaparkan Gubernur Sarundajang, selaku Ketua Dewan Penyantun Unsrat, bahwa di era globalisasi dan otonomisasi saat ini peran sektor Pendidikan adalah penting dan strategis dalam membangun bangsa (nation building).

Disamping itu pula, sektor pendidikan merupakan suatu upaya dan daya menumbuhkan budi pekerti, kekuatan batin, karakter, pikiran serta intelektual seseorang, kata Sarundajang pada pertengahan September mendatang segera mengakhiri jabatan Gubernur Sulut dua periode.

Dalam acara wisuda itu juga digelar simbolisasi pencanangan Pembangunan Gedung Auditorium Unsrat Manado berstandart internasional oleh Gubernur Sulut dan Rektor Unsrat Prof DR Ir Ellen Kumaat, MSc, DEA.

Pada kesempatan itu juga dilakukan penobatan wisuda terbaik DR Preysi Siby (menantu tercinta Gubernur SH Sarundajang yakni isteri dari anggota DPD-RI, Fabian Richard Sarundajang) berhasil meraih predikat Cum Laude dengan prestasi sangat memuaskan dalam Program Studi PascaSarjana  Ilmu Linguistik.

Acara wisuda tersebut dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK Prov Sulut, Ny Deetje A Sarundajang Laoh-Tambuwun, para guru besar dan dosen Unsrat, para pjabat teras instansi pemerintah terkait dan para orang tua wisudawan.