Panduan perebutan sisa jatah Eropa di Liga Inggris

id liga inggris,liga champions,liga europa,liga conference,chelsea,liverpool,leicester,west ham,tottenham,everton,arsenal

Panduan perebutan sisa jatah Eropa di Liga Inggris

Ilustrasi delapan tim Liga Inggris yang masih memperebutkan lima sisa tiket kompetisi Eropa jelang laga pemungkas musim 2020/21. (ANTARA/Gilang Galiartha)

Jakarta (ANTARA) - Sebanyak lima tiket kompetisi Eropa masih diperebutkan ketika Liga Inggris menggelar rangkaian laga pekan pemungkas pada Minggu (23/5) besok.

Siapa yang sudah masuk Liga Champions?

Manchester City sebagai juara dan rival sekotanya Manchester United yang sudah mengunci posisi kedua. Dua tiket jatah Liga Inggris lainnya diperebutkan oleh Chelsea, Liverpool dan Leicester City.

Apa syarat Chelsea, Liverpool dan Leicester ke Liga Champions?

Chelsea akan mengunci posisi ketiga jika menang di markas Aston Villa, tak terpengaruh hasil Liverpool dan Leicester. Chelsea juga meraih tiket Liga Champions jika imbang asalkan salah satu dari Liverpool dan Leicester gagal menang. Chelsea juga ke Liga Champions walaupun kalah, asalkan salah satu dari Liverpool dan Leicester kalah.

Liverpool meraih tiket Liga Champions jika menang saat menjamu Crystal Palace, asalkan Leicester gagal mengejar selisih empat gol keseluruhan. Liverpool juga meraih tiket Liga Champions jika imbang asalkan Leicester gagal menang. Liverpool tetap ke Liga Champions walaupun kalah asalkan Leicester juga kalah.

Leicester meraih tiket Liga Champions jika menang saat menjamu Tottenham Hotspur, asalkan salah satu dari Chelsea atau Liverpool gagal menang. Leicester juga meraih tiket Liga Champions menang dan mampu mengejar selisih empat gol keseluruhan dari Liverpool. Jika main imbang, Leicester hanya ke Liga Champions bila Liverpool kalah. Jika kalah, Leicester ke Liga Champions asalkan Liverpool kalah yang membuat Leicester bisa mengejar selisih empat gol keseluruhan.

Apa jadinya kalau Chelsea juara Liga Champions?

Jika Chelsea juara Liga Champions dan finis empat besar, jatah Inggris di kompetisi itu tetaplah empat tim. Jika Chelsea juara Liga Champions dan finis kelima, Chelsea tetap ke Liga Champions dan jatah Liga Europa bagi Inggris berkurang satu.

Siapa yang bisa ke Liga Europa?

Leicester sudah memastikan dapat tiket Liga Europa karena menjuarai Piala FA, tetapi jatah itu bisa lungsur ke peringkat kelima dan hanya tiga tim pesaing Liga Champions di atas yang bisa finis urutan kelima, menyisakan satu tiket Liga Europa lagi yang diperebutkan tiga tim yakni West Ham United, Tottenham dan Everton. Everton peluangnya sangat tipis karena ketertinggalan selisih gol yang relatif lebar, yakni delapan dari West Ham dan 17 dari Tottenham.

Apa syarat West Ham, Tottenham dan Everton ke Liga Europa?

West Ham akan mengunci posisi keenam asalkan tidak kalah saat menjamu Southampton tak terpengaruh hasil Tottenham dan Everton. West Ham juga tetap ke Liga Europa walaupun kalah, asalkan di laga lain Tottenham dan Everton gagal menang atau Tottenham gagal menang dan keunggulan selisih delapan gol tidak terkejar Everton.

Tottenham hanya bisa ke Liga Europa jika menang melawan Leicester dan di laga lain West Ham kalah.

Peluang Everton sangat tipis ke Liga Europa, sebab harus menang melawan City dan di laga lain Tottenham kalah serta harus mengejar ketertinggalan selisih delapan gol dari West Ham.

Bagaimana jatah Inggris di Liga Conference?

Inggris mendapat jatah satu tiket babak playoff Liga Conference, kompetisi kasta ketiga UEFA yang mulai bergulir musim depan, untuk juara Piala Liga Inggris, tetapi karena City saat sudah memperoleh tiket kompetisi lebih tinggi kuota lungsur berdasar tim yang finis di urutan tertinggi dan belum mendapat tiket kompetisi Eropa lainnya, yakni urutan ketujuh.

Siapa yang bisa ke Liga Conference?

Tiga tim yang terlibat dalam perebutan tiket Liga Europa, berpeluang mendapat "hiburan" tiket Liga Conference dengan syarat tertentu. Dua tim lain Arsenal dan Leeds United juga bisa finis urutan ketujuh mendapat tiket Liga Conference. Leeds punya jarak selisih gol yang relatif lebar dari para pesaing termasuk 15 dari Tottenham, sehingga sangat kecil kemungkinannya bisa finis urutan ketujuh.

West Ham ke Liga Conference jika kalah dan Tottenham menang di laga lain dan Everton gagal mengejar jarak selisih delapan gol.

Tottenham ke Liga Conference jika menang tetapi West Ham meraih setidaknya satu poin dan Everton gagal mengejar selisih 17 gol. Tottenham tetap ke Liga Conference bila hanya main imbang asalkan Everton gagal menang dan Arsenal gagal mengejar selisih enam gol. Tottenham juga bisa ke Liga Conference walaupun kalah asalkan Everton kalah dan Arsenal gagal menang.

Everton ke Liga Conference jika menang melawan City dan di laga lain West Ham tidak kalah dan Tottenham gagal menang, tak terpengaruh hasil Arsenal. Jika Everton dan Tottenham sama-sama menang, Everton hanya bisa finis lebih tinggi jika mampu mengejar selisih 17 gol. Everton juga bisa ke Liga Conference bila main imbang dan Tottenham kalah serta Arsenal gagal menang.

Arsenal harus menang jika ingin ke Liga Conference dan di waktu bersamaan Tottenham dan Everton gagal menang. Hasil imbang juga bisa membuat Arsenal ke Liga Europa, asalkan Everton kalah dan Tottenham kalah dengan selisih tujuh gol atau lebih.
Pewarta :
Uploader : Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar