Stok Kebutuhan Pokok Di Palu Mencukupi

id TPID, kebutuhan, pasar

Stok Kebutuhan Pokok Di Palu Mencukupi

Ilustrasi (antara)

Palu - Ketua Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Sulawesi Tengah menyatakan stok kebutuhan pokok di Kota Palu mencukupi hingga Lebaran 2012.

"Stok kebutuhan pokok aman, dan masyarakat tidak perlu khawatir tentang kelangkaan kebutuhan," kata Ketua TPID Sulawesi Tengah Bunga Elim Somba usai meninjau harga di dua pasar tradisional di Kota Palu, Rabu.

Elim mengatakan bahwa stok kebutuhan yang menjadi perhatian TPID Sulawesi Tengah adalah beras, gula, ikan, daging, telur, minyak sayur, serta aneka bumbu-bumbuan.

Ia mengatakan, berdasarkan pemantauan di pasar tradisional, harga daging sapi relatif stabil, yakni Rp70 ribu hingga Rp75 ribu per kilogram.

Sementara itu, daging ayam juga mengalami kenaikan hingga Rp40 ribu per ekor yang beratnya sekitar 1,5 kilogram, sedangkan harga ikan laut cenderung menurun mengingat cuaca laut relatif normal.

Selanjutnya, harga cabai merah juga menurun hingga 10 persen mengngat sentra penghasil cabai di Lembah Napu, Kabupaten Poso, baru saja melakukan panen.

Untuk stok beras masih bisa bertahan hingga 4,5 bulan ke depan mengingat cadangan beras di Bulog Sulawesi Tengah mencapai 12.786 ton.

Harga beras saat ini relatif stabil dengan harga rata-rata Rp8.000,00 per kilogram.

Lebih lanjut Elim Somba juga mengatakan bahwa kenaikan harga berbagai kebutuhan pokok di pasar tersebut tergolong wajar

"Sebagian besar memang terjadi kenaikan harga. Namun, masih bisa terjangkau oleh masyarakat," kata Elim.

Ia mengatakan bahwa TPID Sulawesi Tengah akan terus melakukan pemantauan harga kebutuhan pokok. "Kalau harganya tidak terkendali, akan dilakukan operasi pasar," kata Elim Somba. (R026)