Raja Yordania tekankan pentingnya gencatan senjata yang komprehensif Gaza

id Raja Yordania Abdullah ,Palestina,Gencatan senjata Gaza

Raja Yordania tekankan pentingnya gencatan senjata yang komprehensif Gaza

Raja Yordania Abdullah memberikan sambutan pada pembukaan sidang umum keempat Parlemen ke-18 di Amman, Yordania, Minggu (10/11/2019). (REUTERS/MUHAMMAD HAMED)

Kairo (ANTARA) - Raja Yordania Abdullah pada Minggu (23/5) menekankan pentingnya mengubah gencatan senjata Gaza menjadi kesepakatan damai yang komprehensif.

Menurutnya, tidak ada alternatif untuk solusi dua negara antara Israel dan Palestina.

Raja Abdullah menyerukan "peningkatan upaya Arab serta internasional untuk mengubah gencatan senjata menjadi kesepakatan damai yang diperluas guna mendorong solusi politik yang memenuhi hak-hak sah rakyat Palestina", tulis istana kerajaan di Twitter.

Mesir dan Qatar, yang menjalin hubungan dengan Hamas, memimpin upaya kawasan untuk gencatan senjata yang mengakhiri 11 hari pertempuran, di mana bombardir terhadap Gaza menewaskan 232 warga Palestina dan serangan roket menelan 12 korban jiwa di Israel.

Raja Abdullah mengatakan Yordania "menempatkan semua hubungan diplomatik dan kemampuan mereka untuk meneruskan tujuan rakyat Palestina," demikian laporan Kantor Berita Petra.

Ia juga menuturkan bahwa "tidak ada pilihan lain bagi solusi dua negara untuk mencapai perdamaian yang adil dan komprehensif," tambahnya.

Baca juga: Gencatan senjata Palestina dan Israel dianggap masih rapuh
Baca juga: Gelora: Gencatan senjata tunjukkan kekuatan Palestina meningkat
Baca juga: Gencatan senjata Hamas dan Israel dimulai
Baca juga: Sekjen PBB Antonio Guterres desak gencatan senjata segera di Gaza


Sumber: Reuters