PT. Lestari Tani Teladan Terima Invesment Award 2021

id Astra Agro,Sawit,Sawit Donggala,PT.CAN

PT. Lestari Tani Teladan Terima Invesment Award 2021

Foto bersama usai penyerahan penghargaan dari Gubernur Sulteng Longki Djanggola kepada Manajemen PT. Lestari Tai Teladan, anak perusahaan Astra Agro Lestari yang mengembangka kebun kelapa sawit dan pabrik CPO di Kecamaan Rio Pakava, kabupaten Donggala, berlangsung di Jakarta, Kamis (27/5). (sulteng.antaranews.com/HO-Humas AAL)

PT. Lestari Tani Teladan atas peran serta dan kontribusinya dalam memajukan ekonomi masyarakat selama ini, terutama di Kabupaten Donggala dan sekitarnya.
Palu (ANTARA) - Potensi wilayah Sulawesi Tengah sesungguhnya sangat beragam, mulai dari hasil pertanian, tambang hingga kelautan termasuk wisata di dalamnya. Hanya saja potensi-potensi tersebut belum semuanya tergarap dengan maksimal.  Berbagai upaya terus di lakukan Pemerintah Daerah Sulawesi Tengah yang dipimpin Gubernur H.Longki Djanggola untuk mendorong berbagai pihak untuk melakukan investasi di bumi kaili Sulawesi Tengah. 

Beberapa sektor memang sudah menunjukkan hasil yang menggembirakan terutama bidang perkebunan kelapa sawit. Astra Agro dengan anak perusahaannya PT. Lestari Tani Teladan (LTT) telah berkiprah sejak tahun 1993 di Kecamatan Rio Pakava, Kabupaten Donggala. Dengan luas lahan sekitar 6.000 ha, PT Lestari Tani Teladan telah mengubah areal areal tersebut menjadi lebih produktif. Dengan di dukung 1 unit pabrik pengolahan kelapa sawit, PT. Lestari Tani Teladan telah menjadi pioner pembangunan perkebunan kelapa sawit di daerah tersebut. 

Baca juga: Astra Agro Raih Indonesia Digital Innovations Awards 2021

Dampak lain dari pembangunan PT. Lestari Tani Teladan adalah masyarakat juga sudah mulai menanam komoditi kelapa sawit sebagai sumber mata pencahariannya. Di mulai tahun 2006 tidak kurang dari 1.200 ha lahan masyarakat telah ditanami kelapa sawit buah kerja sama perusahaan dengan masyarakat melalui program IGA (Income Generating Actifity) pinjaman bibit kelapa sawit untuk masyarakat sekitar. Berawal dari 1.200 ha hasil program IGA tersebut saat ini luas kebun kelapa sawit masyarakat luasnya  sudah mencapai angka lebih dari 4.000 ha, hasil dari swasembada masyarakat petani.

Berkenaan dengan hal tersebut Pemerintah Daerah Sulawesi Tengah melalui kegiatan Invesment Award 2021 memberikan penghargaan kepada PT. Lestari Tani Teladan atas peran serta dan kontribusinya dalam memajukan ekonomi masyarakat selama ini, terutama di Kabupaten Donggala dan sekitarnya.

Penghargaan di serahkan Gubernur Sulawesi Tengah H. Longki Djanggola dan diterima Oka Arimbawa mewakili management PT. Lestari Tani Teladan di Jakarta (27/5/2021). 

Baca juga: Pandemi COVID-19 masih jadi tantangan industri kelapa sawit 2021

“Kami mengucapkan terimakasih dan penghargaan kepada Pemerintah Propinsi Sulawesi Tengah atas penghargaan ini dan kami akan terus berkomitmen untuk terus memberikan kontribusi nyata dalam pembangunan daerah Sulawesi Tengah, khususnya Kabupaten Donggala,” ujar Oka Arimbawa.

“Selain PT. Lestari Tani Teladan, Astra Agro juga telah membangun pabrik pencampuran pupuk PT. Cipta Agro Nusantara (CAN) yang terletak di Dalaka, Kabupaten Donggala. Selain untuk mencukupi kebutuhan sendiri, pupuk hasil produksi PT, CAN juga untuk memenuhi kebutuhan petani mitra sehingga kebutuhan akan nutrisi tanaman dapat terpenuhi dan hasilnya lebih maksimal,” jelas Oka. (Humas AAL Jakarta)

Baca juga: Astra Agro dianugerahi Best Digital Marketing Champion 2020