Polres-Dinkes Palu buka gerai vaksin COVID-19 gratis

id vaksin,kota palu,covid

Polres-Dinkes Palu  buka gerai vaksin COVID-19 gratis

Petugas kesehatan dari Bidokes Polda Sulteng memberikan vaksin kepada warga di gerai vaksin yang disediakan oleh Polres Palu di Taman Gor Palu, Jumat. ANTARA/Rangga Musabar.

Kota Palu (ANTARA) - Polres Palu bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Palu dan dengan Bidokes Polda Sulawesi Tengah membuka gerai pelayanan vaksin COVID-19 secara untuk masyarakat setempat.

“Ada enam gerai yang kita buka hari ini. Selain di kantor-kantor Polsek, juga ada beberapa titik seperti Taman Gor dan Golden Bakery,” kata Wakil Kapolres Palu, Kompol Margianta di sela pelaksanaan vaksin COVID-19 secara gratis di Taman GOR Palu, Jumat.

Margianta mengatakan untuk pelayanan vaksin COVID-19, pihaknya menyiapkan sebanyaj 20 ribu dosis vaksin dan pelayanan di setiap gerai dibuka mulai pukul 08.00 Wita sampai 12.00 Wita.

"Identitas kependudukan menjadi syarat utama masyarakat untuk mendapatkan vaksin. Persyaratannya hanya KTP dan sebelum vaksin pasti ada pemeriksaan kesehatan, apakah bisa divaksin atau tidak,” ujar Margianta.

Ia juga mengakui pelayanan vaksin COVID-19 untuk masyarakat Kota Palu har ini masih terkendala tenaga vaksinator, sehingga dua gerai di Palu Selatan dan Palu Utara diarahkan ke Taman Gor Palu.

Menurut dia, keterlibatan Polres Palu hanya mendukung adiministrasi hingga pelayanan vaksin selesai, sementara pihaknya tidak memiliki tenaga vaksinator.

“Hati pertama ini dibantu 28 vaksinator dari Bidokes Polda Sulteng. Dan setiap gerai membutuhkan delapan vaksinator,” terangnya.

Ia mengatakan rencananya kegiatan vaksin secara gratis untuk masyarakat Kota Palu dibuka selama satu minggu, dengan ketersediaan  vaksin sebanyan 20 ribu dos.

“Kalau dalam satu minggu itu masih ada vaksin maka akan ada perpanjangan waktu sehingga semua dosis habis,” sebut Margianta.