Bupati Buol minta OPD tingkatkan kualitas pengelolaan keuangan daerah

id keuangan daerah buol,bupati buol,amirudin rauf,opd buol,pemkab buol

Bupati Buol  minta OPD tingkatkan kualitas pengelolaan keuangan daerah

Bupati Buol Amirudin Rauf (ANTARA/HO-Iqbal)

Buol, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Bupati Buol, Sulawesi Tengah, Amirudin Rauf meminta seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di kabupaten itu agar meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan daerah, yang akuntabel dan transparan sesuai ketentuan perundang-undangan.

"Prestasi Pemkab Buol dengan meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang kelima kali dari BPK-RI, maka harus menjadi cambuk, untuk terus memaksimalkan kinerja agar lebih baik lagi," ucap Amirudin Rauf, di Buol Selasa.

Bupati mengatakan setiap OPD harus mampu melakukan perencanaan anggaran yang baik, serta sejalan dengan regulasi yang ada, sehingga kekeliruan dan kesalahan dalam pemanfaatan anggaran daerah dapat diminimalisir.

"Dari sisi perencanaan, pemahaman regulasi, pemanfaatan anggaran, dan meminimalisir kekeliruan, baik administratif maupun penggunaan anggaran, serta kredibilitas pimpinan OPD mesti mampu menuntun tiap jajaran di bawahnya demi kemajuan daerah," sebut Bupati.

Dia mengutarakan untuk mempermudah pertanggungjawaban dan pemanfaatan anggaran daerah, maka perlu adanya sentralisasi bank, yakni setiap anggaran kegiatan dan operasional OPD disimpan di satu bank tertentu.

"Sentralisasi bank, pentingnya sentralisasi pengelolaan keuangan daerah di satu bank agar mudah dikontrol pertanggungjawabannya," kata dia.

"Kepala OPD harus bertanggung jawab penuh atas anggaran, penting juga kita menetapkan satu bank untuk rekening pengelolaan keuangan daerah. Saya sarankan semua rekening pengelolaan keuangan daerah dilakukan di Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sulteng,” kata dia.

Bupati menegaskan setiap OPD harus memiliki komitmen yang kuat untuk membangun dan memajukan daerah. Oleh karena itu, setiap kepala OPD harus memahami tugas dan fungsinya (tupoksi).

"Penting bagi kepala OPD untuk memahami tupoksi serta amanah atasannya. Karena jabatan itu adalah amanah, olehnya kita harus mampu menjunjung tinggi profesionalisme dan bertanggung jawab terhadap amanah yang telah diberikan.  Dan jabatan sebagai kepala OPD harus mampu kita implementasikan untuk mengabdi pada rakyat," ujarnya.

 
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar