Kemenag-IAIN Palu optimalkan susun laporan kinerja ASN

id IAIN Palu,BDK Manado,Kemenag,Lakip,Asn iain palu

Kemenag-IAIN Palu optimalkan susun laporan kinerja ASN

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga IAIN Palu Prof Abidin Djafar menyampaikan sambutan dan arahan pada pelatihan teknis penyusunan LAKIP di IAIN Palu, Jumat (11/6/2021) ANTARA/Muhammad Hajiji

Palu (ANTARA) - Kementerian Agama (Kemenag) melalui Balai Diklat Keagamaan (BDK) Manado, Sulawesi Utara, bersama Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu Sulawesi Tengah mengoptimalkan penyusunan laporan kinerja aparatur sipil negara (ASN) di kampus tersebut.

"Iya, hal ini untuk membangkitkan kesadaran ASN dan lembaga pemerintah khususnya di bawah naungan Kemenag untuk berprestasi tinggi, produktif dan menuju bangsa yang maju dan modern. Karena itu, ASN di lingkungan Kemenag diharapkan mampu menyusun laporan kinerja yang berkualitas," ucap Pejabat Balai Diklat Keagamaan Manado Jihan Bachmid di Palu, Jumat.

Optimalisasi penyusunan laporan kinerja ASN di lingkungan IAIN Palu, dilakukan oleh BDK Manado bersama IAIN Palu lewat pelatihan teknis penyusunan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) di IAIN Palu, 7 - 11 Juni 2021.

Jihan Bachmid yang juga selaku Panitia Pelatihan Teknis LAKIP mengemukakan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas laporan, pengetahuan dan keahlian, ketrampilan dan profesionalisme ASN dalam melaksanakan berbagai kebijakan pemerintah.

"Sehingga dapat terwujud ASN yang berkualitas, mempunyai pengetahuan, keahlian dan ketrampilan dalam melaksanakan berbagai kebijakan pemerintah," ungkap Jihan.

"Olehnya ASN di naungan Kemenag diharapkan mampu menyusun laporan kinerja seiring tuntutan grand design reformasi birokrasi yang menempatkan area akuntabilitas organisasi menjadi bagian penting, dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik," sebutnya.

Berkaitan dengan itu Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga IAIN Palu Prof Abidin Djafar mengemukakan bahwa LAKIP menjadi satu instrumen yang menuntut adanya peningkatan kinerja ASN.

"Dengan begitu, IAIN Palu sebagai salah satu lembaga negara di bawah naungan Kemenag harus menunjukkan peningkatan kinerja dan akuntabilitas yang baik," ungkap Prof Abidin Djafar.

Prof Abidin menegaskan, lewat LAKIP indikator kinerja ASN dan lembaga dapat diukur dan diketahui, dalam menunjang reformasi birokrasi.

"Maka penting bagi IAIN Palu untuk mengusai LAKIP dan meningkatkan kinerja dalam tuntutan reformasi birokrasi," sebutnya.

Pelatihan teknis penyusunan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) diikuti oleh 30 peserta dari IAIN Palu.