Dinkes sebut vaksinasi COVID-19 capai 84.158 dosis di Kota Palu

id sulawesi tengah,vaksinasi,Kota palu

Dinkes sebut vaksinasi COVID-19 capai 84.158 dosis  di Kota Palu

Masyarakat Kota Palu menerima vaksin gratis yang diselenggarakan oleh Polres Palu. ANTARA/Rangga Musabar.

Kota Palu (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palu menyebut sejak berlangsung kegiatan vaksinasi COVID-19 mulai tahap satu hingga tahap kedua saat ini telah mencapai 84.158 dosis.

"Alhamdulillah untuk tenaga Kesehatan sudah mencapai 105,50 persen, sementara pelayan publik sudah mencapai 101,30 persen," kata drg Lutfiah, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kesehatan Lingkungan Dinkes Kota Palu, Jumat.

Hingga saat ini, lanjut dia, kegiatan vaksinasi di Kota Palu terus dilakukan, dengan tiga kategori sebagai penerima vaksin, yakni tenaga kesehatan, pelayanan publik dan lanjut usia (lansia).

Lutfiah mengatakan khusus vaksinasi lansia masih menjadi 'pekerjaan rumah' untuk Dinkes Kota Palu disebabkan masih rendahnya jumlah cakupan vaksin lansia di daerah ini dari cakupan nasional.

Ada beberapa hal yang menyebabkan cakupan vaksin untuk lansia masih rendah, kata dia, di antaranya sejumlah lansia mempunyai  komorbid atau penyakit penyerta lainnya.

"Mereka (lansia) mempunyai komorbid, sehingga ditunda dilaksanakan vaksinasi," ujarnya.

Data Dinkes Kota Palu menyebutkan pemberian vaksin  kepada lansia mencapai 7.845 dosis, tenaga kesehatan 11.514 dosis dan pelayanan publik 64.799 dosis.

Sementara stok vaksin di Kota Palu berjumlah kurang lebih 20 ribu dosis.

"Jumlah stok vaksin ini untuk dua tahap yang berarti untuk kebutuhan 10 ribu orang," ujarnya.

Lutfiah juga menyampaikan Dinas Kesehatan Kota Palu akan menggelar festival vaksin yang rencananya dilaksanakan pekan depan pada hari Jumat, Sabtu dan Minggu.