DPR Akan Tinjau Dermaga Dan Bandara KTI

id dpr

DPR Akan Tinjau Dermaga Dan Bandara KTI

Gedung DPR (FOTO ANTARA/Rosa Panggabean)

Jika tidak ada aral melintang kunjungan kerja anggota Komisi V dan Kemenhub dijadwalkan pada Sabtu (12/9) 2015 ke Kaltim,
Palu,  (antarasulteng.com) - Komisi V DPR RI yang membidangi infrastruktur dan perhubungan bersama jajaran Kementerian Perhubungan bakal meninjau sejumlah dermaga dan bandara di Kawasan Timur Indonesia.

"Jika tidak ada aral melintang kunjungan kerja anggota Komisi V dan Kemenhub dijadwalkan pada Sabtu (12/9) 2015 ke Kaltim," kata Ahmad Ali, salah seorang anggota Komisi V DPR RI via SMS dari Jakarta, Jumat.

Ia mengatakan selama berada di Kaltim, anggota DPR dan Kemenhub akan melihat pelabuhan Tanjung Redep dan Bandara Kalimarau.

Dari Kaltim, rombongan selanjutnya akan menuju Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), sebagai salah satu daerah di KTI yang akan melaksanakan kegiatan penting Sail Tomini.

Selama di Sulteng, anggota Komisi V DPR dan Kemenhub antara lain akan meninjau Pelabuhan Pantoloan, sekitar 23km utara Kota Palu dan juga Bandara Mutiara Sis Aljufri.

Selanjutnya dari Palu akan menuju Luwuk, Kabupaten Banggai untuk melihat Bandara Syukuran Aminuddin Amir.

Dari Kota Luwuk, rombongan akan melanjutkan perjalanan meninjau Pelabuhan Wangi-Wangi daerah Wakatobi dan Bandara Matahora.

Kunjungan kerja tersebut untuk melihat sejauh mana ketersediaan infastruktur dan sarana prasarana perhubungan laut, darat dan udara dalam percepatan pembangunan di KTI.

Ahmad Ali juga mengatakan, Wilayah Timur memiliki banyak potensi sumber daya alam yang harus memiliki ketersediaan infastruktur memadai guna kelancaran perputaran ekonomi.

"Ini berkaitan TOL Laut, yang menjadi Visi Presiden Jokowi dalam pembangunan dan percepatan ekonomi," kata dia.

Usai melakukan peninjauan pelabuhan dan bandara di KTI, pemerintah dan DPR RI akan segera membahas pembangunan infastruktur di wilayah timur.